Kualifikasi Piala Dunia 2022: Uruguay Keok 2-4 dari Ekuador

19
Ekuador vs Uruguay, di Estadio de Liga Deportiva Universitaria, Rabu (14/10/2020) dini hari WIB. (Foto: Gilabola.com)

Matanaga – Uruguay tumbang di markas Ekuador dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL. Luis Suarez dkk menyerah 2-4.

Pertandingan Ekuador vs Uruguay dihelat di Estadio de Liga Deportiva Universitaria, Rabu (14/10/2020) dini hari WIB.

Ekuador mengambil inisiatif serangan sejak menit-menit awal pertandingan. Hasilnya, gol untuk tim tuan rumah tercipta di menit ke-15.

Moises Caicedo mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang Ekuador itu menyambut bola tendangan sudut Angel Mena dengan sundulannya ke dalam gawang Uruguay, sekaligus membawa timnya unggul 1-0.

Ekuador kembali membobol gawang Uruguay di menit ke-34 lewat Michael Estrada. Namun, gol itu dibatalkan setelah Video Assistant Referee (VAR) menilai ada pelanggaran yang dilakukan sebelum terjadinya gol.

Estrada mencetak gol kedua Ekuador di menit-menit akhir menjelang babak pertama berakhir. Penyerang 24 tahun itu melepaskan bola tembakan di kotak penalti yang merobek jala Uruguay.

Skor 2-0 untuk keunggulan Ekuador bertahan hingga memasuki waktu istirahat.

Statistik babak pertama menunjukkan Ekuador lebih mendominasi permainan dengan 10 kali tembakan dan 54 persen penguasaan bola. Ada pun Uruguay hanya satu kali melancarkan upaya yang mengancam gawang tim tuan rumah.

Di babak kedua, Uruguay tancap gas dan mencetak gol di menit ke-48 lewat bola sepakan Darwin Nunez. Gol tim tamu itu dianulir setelah Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan.

Gol! Ekuador mencetak gol ketiganya di laga kali ini pada menit ke-52. Estrada menyepak bola di tengah kepungan bek Uruguay yang meluncur deras tanpa bisa dibendung kiper Martin Campana. 3-0 tim tuan rumah memimpin.

Gonzalo Plata membawa Ekuador menjauh 4-0 di menit ke-75. Mendapatkan bola dari Alan Franco, dia menyepak bola dari jarak dekat yang menggetarkan jala Uruguay.

Tim tamu memperkecil kedudukan menjadi 1-4 lewat sepakan 12 pas Suarez pada menit ke-85. Penalti diberikan kepada Uruguay setelah pelanggaran Diego Palacios di kotak terlarang.

Uruguay kembali mendapat penalti di menit-menit akhir pertandingan, usai Xavier Arreaga melakukan handball di kotak penalti. Suarez untuk kedua kalinya maju sebagai eksekutor dan berhasil menjebol gawang Ekuador.

Pertandingan tuntas dengan skor 4-2 untuk kemenangan Ekuador. Kemenangan ini membuat Ekuador naik ke posisi keempat klasemen sementara Zona CONMEBOL dengan tiga poin dari dua laga, sementara Uruguay berada di bawahnya dengan poin yang sama.

Susunan Pemain

Ekuador: A. Dominguez; A. Preciado, R. Arboleda, X. Arreaga, P. Estupinan; A. Mena, M. Caicedo, C. Gruezo, R. Ibarra; E. Valencia, M. Estrada.

Uruguay: M. Campana; M. Vina, D. Godin, R. Araujo, M. Caceres; B. Rodriguez, R. Betancur, F. Valverde, N. Nandez; M. Gomez, L. Suarez.