Koeman Akui Barca Bukan Favorit Juara Liga Champions

43
Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengungkapkan, timnya bukan kandidat juara Liga Champions musim ini. (Foto: FC Barcelona Noticias)

Matanaga – Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengakui timnya bukanlah kandidat kuat juara Liga Champions musim ini. Pasalnya, Barcelona sedang kurang ideal.

Blaugrana cuma sekali menembus semifinal sejak menjadi kampiun Eropa pada lima tahun silam. Empat sisanya Barca terhenti di delapan besar, termasuk saat menderita kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Munich pada musim lalu.

Usai hasil tersebut, Barca menghadapi krisis internal. Los Cules nyaris kehilangan sang megabintang, Lionel Messi, dan melego sejumlah pemain seniornya di antaranya Arturo Vidal dan Luis Suarez. Barca juga digoyang dengan permasalahan di dalam jajaran manajemen klub.

Sementara itu start Barcelona di musim ini tidak bagus-bagus amat. Barca baru dua kali menang dalam empat pertandingan pertamanya, dan Koeman realistis dengan peluang timnya di Eropa.

“Di Barcelona Anda harus bermain untuk memenangi banyak titel,” ungkap Koeman dilansir Marca. “Trofi domestik dan Eropa. Tapi ada tim-tim tangguh dan Anda harus membuktikan anggapan itu.”

“Setelah apa yang terjadi [di klub] kami bukanlah favoritnya, tapi kami bisa melangkah jauh.”

Barcelona tergabung di Grup D Liga Champions bersama Juventus, Dynamo Kiev, dan Ferencvaros. Ujian pertama Barca dimulai dengan menjamu Ferencvaros di Camp Nou, Rabu (21/11/2020) dinihari WIB. Tim yang paling lemah di antara tim-tim lainnya.

“Kami menduga [menghadapi] sebuah tim yang rumit. Tidak ada pertandingan yang mudah sekarang. Kami harus menciptakan banyak peluang,” sambung dia.

“Kami menganalisis seluruh lawan-lawan kami dan menghormati mereka semua. Kami harus menghentikan kualitas mereka. Mereka bagus di belakang dan punya pemain penting dalam serangan,” simpul Koeman.