STRATEGI BERMAIN DI TURNAMEN POKER SIT N GO UNTUK PEMULA

39

Turnamen Sit N Go, juga dikenal sebagai Sit&Go, S&Go atau SNG, adalah salah satu turnamen paling populer di poker dan yang paling banyak ditawarkan saat ini. Mereka sangat mirip dengan turnamen multitable, tetapi dengan jumlah peserta yang lebih sedikit. 

Alasan mengapa turnamen ini memiliki banyak pengikut adalah karena lebih mudah untuk diikuti dan hadiahnya lebih mudah untuk dimenangkan, serta bisa menjadi jalan yang bagus untuk mendaki tangga karier poker profesional.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengikuti turnamen dengan format ini, kami sarankan Anda membaca artikel ini. Di bawah ini, kami menjelaskan strategi awal untuk membantu Anda perlahan tapi pasti menjadi ahli di jenis turnamen ini.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa turnamen poker Sit N Go tidak memiliki waktu mulai yang sudah dijadwalkan jauh hari sebelumnya. Itu berarti alih-alih pemain mendaftar terlebih dahulu seperti halnya turnamen lain, pendaftaran dilakukan di tempat saat turnamen Sit N Go berlangsung.

Dalam turnamen ini semua pemain membeli buy-in dengan harga yang sama dan menerima jumlah chip yang sama. Salah satu fitur terpenting adalah pemain dibayar sesuai dengan peringkat terakhir mereka saat waktu turnamen habis, bukan berdasarkan jumlah chip yang dimenangkan. 

Biasanya hanya tiga posisi teratas yang mendapatkan hadiah. Lalu besarnya total hadiah diambil dari total biaya masuk semua peserta turnamen, tidak ditentukan sebelumnya seperti di turnamen lainnya.

Kembali ke pembahasan awal, strategi pertama untuk berhasil di Sit N Go adalah mencari pengalaman sebelum benar-benar terjun ke turnamen. Di era sekarang ini hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan.

Anda dapat mengandalkan berbagai aplikasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang SnG dengan semua jenis situasi yang dirancang untuk dipelajari, sebelum melanjutkan ke kompetisi. Beberapa aplikasi terbaik untuk dipelajari tentang Sit&Go adalah: Sit and Go Wizard, Equilab, Hold’em Manager, dan ICM Trainer. 

Usai menggali pengalaman, berikutnya untuk bermain di turnamen poker Sit N Go dengan benar adalah penting bagi Anda untuk belajar mengelola dana yang tersedia dengan baik. Secara sederhana sebenarnya ini tentang bagaimana Anda menjaga permainan dengan mempertimbangkan dana yang ada dan lamanya periode turnamen serta tingkat kemenangan.

Contoh, bayangkan Anda mengikuti turnamen Sit & Go dengan buy-in 5 ribu dan total uang Anda adalah 50 ribu. Lalu Anda kalah, dan melakukan buy-in lagi. Itu berulang hingga Anda mengalami 4 kali kekalahan beruntun, yang berarti Anda sudah menghabiskan 20 ribu untuk 4 kali buy-in. Nah, bagaimana Anda melangkah dengan sisa 30 ribu di tangan akan menentukan perjalanan di turnamen dan mungkin karier poker Anda. 

Perlu diingat bahwa semakin banyak pemain yang ada di turnamen Sit & Go akan semakin cepat pula tempo permainannya dan oleh karena itu semakin besar dana yang Anda harus memiliki. Itu dapat dimengerti, karena keberuntungan tidak sama di turnamen 10 orang seperti di turnamen 100 orang.

Strategi selanjutnya adalah memanfaatkan blind secara maksimal. Sit&Go memungkinkan kita memainkan strategi yang sangat efektif berdasarkan ukuran blind atau taruhan wajib yang dibuat oleh dua pemain di setiap putaran. 

Pertama-tama pahami situasi ini, jika Anda memiliki chip untuk melakukan lebih dari 12 big blind, itu artinya Anda memiliki banyak chip. Hal sebaliknya terjadi jika Anda memiliki chip kurang dari 12 big blind. 

Nah, strateginya adalah memainkan lebih banyak putaran ketika Anda memiliki chip untuk melakukan lebih dari 12 big blind. Lalu baru benar-benar bertaruh lebih banyak ketika Anda memiliki kartu yang sangat kuat. 

Hal berikut yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi turnamen poker SNG Anda adalah memilih ruang yang tepat. Fokus Anda di awal turnamen adalah untuk mendapatkan pengalaman dan belajar, jadi pilihlah ruangan yang memiliki sekitar empat atau lima meja. 

Untuk tingkat kamar, carilah kamar dengan harga buy-in yang rendah. Jangan lupa untuk melihat berapa banyak pemain yang ada di sana. Semakin banyak pemain berarti semakin besar chip yang bisa Anda menangkan

Hal yang terakhir yang harus dilakukan jika ingin berhasil di turnamen Sit N Go, adalah menjaga fokus Anda. Penting untuk ditegaskan bahwa dalam poker akan selalu ada saat-saat euforia dan saat-saat penurunan. 

Pemain poker yang baik tahu bahwa setelah streak kalah akan ada streak menang, vice versa. Yang penting adalah tidak kehilangan lebih banyak daripada yang Anda menangkan dan bermainlah dengan tenang.