Dominasi Kompetisi Eropa, Ada Tim Inggris yang Bisa Juara?

26
Sebanyak 6 wakil Premier League melenggang ke perempatfinal kompetisi Eropa dan membuka kans salah satu klub Premier League menjadi juara. (Foto: Daily Mail

Jakarta – Tim-tim Inggris mendominasi kompetisi Eropa. Dari 6 wakil yang sudah menjejak babak perempatfinal, adakah klub dari Premier League yang keluar sebagai juara?

Inggris menjadi negara yang mengirim wakil terbanyak, setidaknya sampai perempatfinal di kompetisi Eropa. Empat di Liga Champions, dua di Liga Europa.

Empat tim Inggris yang masih bertahan di Liga Champions adalah Manchester United, Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur. Sedangkan dari Liga Europa diwakili Chelsea dan Arsenal. Drawing babak perempatfinal Liga Champions dan Liga Europa akan digelar di Nyon, Swiss, Jumat (15/3/2019) waktu setempat.

Prestasi Inggris yang mengirim enam wakil di kompetisi Eropa musim ini menyamai torehan Spanyol pada musim 2015/2016. Ketika itu, LaLiga juga mengirim enam wakilnya ke babak 8 besar perempatfinal.

Ketika itu LaLiga menempatkan Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid di Liga Champions, sementara Villarreal, Athletic Bilbao, dan Sevilla berjibaku di Liga Europa.

Di akhir musim ketika itu, dua wakil Spanyol pun berjaya. Real Madrid menjuarai Liga Champions, dengan mengalahkan Atletico Madrid di final. Sementara Sevilla juga keluar menjadi juara Liga Euuropa, yang meraih gelar ketiga kalinya di ajang itu secara beruntun.

Dengan banyaknya wakil di babak perempatfinal, Premier League berpeluang mengikuti LaLiga dengan salah satu timnya keluar sebagai juara. Adapun trofi kompetisi Eropa terakhir yang dibawa pulang Inggris adalah gelar Liga Europa, di mana MU memenanginya pada musim 2016/2017. Sementara di Liga Champions, Chelsea yang terakhir membawanya ke Britania Raya pada 2012.