Hasil Liga Inggris: Kane 2 Gol, Spurs Menang 3-1 Atas Aston Villa

59
Tottenham Hotspur vs Aston Villa
Tottenham Hotspur vs Aston Villa, Liga Inggris, Minggu (11/8/2019) dini hari WIB. (Foto: Twitter @SpursOfficial)

London – Tottenham Hotspur membuka Liga Inggris 2019/2020 dengan tiga poin. Menyusul kemenangan Tottenham atas tim promosi Aston Villa dengan skor akhir 3-1.

Pada pertandingan di Stadion Tottenham Hotspur, yang tuntas Minggu (11/8/2019) dini hari WIB, Harry Kane menjadi bintang. Dua gol diborong Kane untuk menentukan kemenangan Spurs.

Meski begitu, Tottenham mesti bekerja keras untuk meraih kemenangannya itu. Tim London Utara itu tertinggal satu gol di babak pertama, setelah John McGinn mencetak gol cepat di menit kesembilan.

Kebangkitan Tottenham terjadi di 20 menit terakhir. Pemain baru, Tanguy Ndombele mencetak gol penyama, kemudian Kane memberondol Villa dengan dua gol dalam waktu lima menit.

Hasil ini menempatkan Tottenham di peringkat kelima klasemen sementara Liga Inggris. Tottenham di bawah juara bertahan Manchester City di posisi pertama, Liverpool, Brighton, dan Burnley berturut-turut dengan sama-sama mengoleksi tiga poin. Sedangkan Villa di posisi 16 tanpa angka.

 

Jalannya Pertandingan

Tottenham langsung mengancam usai peluit wasit tanda kickoff babak pertama dibunyikan. Lucas Moura menggiring bola sampai ke area penalti Villa, sebelum melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang.

Empat menit berselang, Moura kembali menguji lini belakang Villa. Sekalipun sundulannya hasil umpan dari Danny Rose masih terlalu lemah.

Villa membungkam publik Tottenham. John McGinn mencetak gol di menit kesembilan untuk membuka keunggulan tim tamu 1-0.

Setelah menerima sebuah umpan panjang dari belakang, McGinn maju ke depan sebelum mengecoh Rose. McGinn menyelesaikan dengan tembakan mendatar, yang menaklukkan Hugo Lloris.

Gol tersebut membuat Villa bermain lebih percaya diri. Villa selalu merepotkan Tottenham setiap kali melakukan serangan.

Tottenham kembali mengancam, kali ini melalui Harry Kane di menit ke-35. Usai menerima bola panjang, Kane menusuk ke kiri sebelum melepaskan tembakan meski masih melambung tinggi dari mistar gawang lawan.

Peluang terbaik Tottenham tercipta di menit-menit akhir babak pertama. Kombinasi Kyle Walker-Peters dengan Tanguy Ndombele diakhiri dengan sebuah umpan silang ke kotak penalti. Kane menyambut bola dengan sundulan, yang melambung tipis.

Peluang lain hadir tidak lama kemudian saat tembakan kaki kirinya melebar tipis dari tiang gawang. Meskipun dinyatakan offside.

Babak pertama berakhir. Skor sementara 1-0, untuk keunggulan Villa.

Tottenham lebih agresif setelah restart. Sebuah peluang emas tercipta di menit ke-50. Moussa Sisoko berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti Villa, namun tembakannya ke arah tiang jauh hanya bergulir di depan gawang.

Gelombang serangan Tottenham akhirnya membuahkan hasil di menit ke-73. Ndombele menyamakan skor menjadi 1-1. Gol tersebut tercipta dari sodoran Kane kepada Lucas Moura, yang dituntaskan Ndombele dengan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Tottenham memperoleh tendangan bebas di posisi yang berbahaya. Christian Eriksen melepaskan tembakan melengkung untuk ditepis Tom Heaton.

Memasuki 10 menit terakhir. Tottenham mengklaim penalti setelah tembakan Toby Alderweireld mengenai tangan Jonathan Kodija. Akan tetapi, wasit tidak menggubris.

Gempuran Tottenham akhirnya menghasilkan gol kedua. Erik Lamela berhasil merebut bola di dekat kotak penalti Villa, yang diteruskan dengan sepakan. Bola sempat membentu lini belakang Villa, tapi bergulir dijalur Kane untuk diselesaikan dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Tottenham kini berbalik memimpin 2-1 di menit ke-86.

Hanya tiga menit berselang, Tottenham memperbesar skor menjadi 3-1, sekaligus membunuh perlawanan Villa. Sodoran Sissoko diselesaikan Kane dengan tembakan mendatar yang melengkung tanpa bisa dihentikan Heaton.

 

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Rose, Alderweireld, Sanchez, Walker-Peters, Sissoko, Lamela, Lucas Moura, Winks (Eriksen 64′), Ndombele, Kane

Aston Villa: Heaton, El Mohamady, Taylor, Engels, Mings, Hourihane, Grealish, Trezeguet (Jota 59′), McGinn, El Ghazi, Wesley (Kodija 74′)