Hasil Liga Italia: Roma Ditahan Cagliari 1-1

11
AS Roma vs Cagliari
AS Roma vs Cagliari, Liga Italia, Minggu (6/10/2019) malam WIB. (Foto: Twitter @OfficialASRoma)

Roma – AS Roma hanya dapat hasil seri kala menjamu Cagliari. Sempat diwarnai drama gol Nikola Kalinic yang dianulir di menit-menit akhir, Roma vs Cagliari tuntas 1-1.

Roma menghadapi Cagliari di pekan ketujuh Liga Italia. Bertanding di Stadion Olimpico, Minggu (6/10/2019) malam WIB, Roma tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 67%.

Tuan rumah juga tercatat melepaskan 21 tembakan, enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Cagliari membukukan delapan tembakan.

Peluang ganda didapat Roma. Nicolo Zaniolo melepaskan tembakan dari sudut sempit yang memaksa Robin Olsen melakukan penyelamatan. Mantan kiper Roma itu kemudian juga mengagalkan tembakan jarak jauh Amadou Diawara.

Pada menit ke-26, wasit mengecek VAR setelah ada klaim handball yang dilakukan oleh Gianluca Mancini. Wasit kemudian menghadiahkan tendangan penalti untuk Cagliari.

Joao Pedro sukses mengonversi penalti menjadi gol. Tembakannya ke pojok kanan bawah gawang tak bisa dijangkau Pau Lopez.

Hanya berjarak lima menit, Roma menyamakan kedudukan. Upaya Luca Ceppitelli untuk memotong umpan dari Justin Kluivert justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

Memasuki babak kedua, Roma beberapa kali mendapat peluang untuk mencetak gol. Upaya Zaniolo yang meneruskan umpan silang Kluivert memaksa Olsen melakukan penyelamatan.

Sundulan Bryan Cristante yang meneruskan tendangan bebas Aleksandar Kolarov juga tak mengarah ke gawang. Sementara Olsen lagi-lagi menggagalkan peluang Roma, kali ini dengan menghalau sepakan Zaniolo di depan gawang.

Pada menit ke-90, Nikola Kalinic sempat menjebol gawang Cagliari. Drama kemudian terjadi karena Kalinic dinilai mendorong Fabio Pisacane hingga bertabrakan dengan Olsen. Wasit baru menganulir gol Kalinic beberapa menit kemudian, setelah Pisacane ditandu keluar lapangan.

Di sisi waktu pertandingan, Roma terus mengurung pertahanan Cagliari. Kalinic nyaris bikin gol, tapi sundulannya tipis menyamping dari gawang.

Usai wasit meniup peluit panjang, ribut-ribut terjadi di lapangan. Pelatih Roma, Paulo Fonseca, dan seorang asistennya melakukan protes keras kepada wasit. Keduanya kemudian mendapat kartu merah.

Dengan hasil ini, Roma masih tertahan di peringkat kelima klasemen Liga Italia dengan 12 poin dari tujuh laga. Sementara Cagliari ada di urutan ketujuh dengan 11 poin.

 

Susunan Pemain

AS Roma: Pau Lopez; Spinazzola (Santon 80), Mancini, Smalling, Kolarov; Cristante, Diawara (Antonucci 30) (Kalinic 74); Zaniolo, Veretout, Kluivert; Dzeko

Cagliari: Olsen; Cacciatore, Pisacane, Ceppitelli, Lu Pellegrini (Mattiello 81); Nandez, Cigarini, Rog; Nainggolan (Ionita 75); Joao Pedro, Simeone (Castro 59)