Hasil Liga Spanyol: Diwarnai Dua Kartu Merah, Barcelona Gulung Sevilla 4-0

16
Barcelona vs Sevilla
Barcelona vs Sevilla, Liga Spanyol, Senin (7/10/2019) dini hari WIB. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Jakarta – Kemenangan besar diraih Barcelona saat menjamu Sevilla dalam lanjutan Liga Spanyol. Blaugrana mengalahkan tamunya itu dengan skor 4-0.

Bermain di Camp Nou, Senin (7/10/2019) dini hari WIB, Barcelona menurunkan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele di lini depan. Antoine Griezmann, yang dinilai belum padu, duduk di bangku cadangan selama 90 menit.

Setelah banyak ditekan di awal babak pertama, Barcelona membuka keunggulan melalui tendangan akrobatik Suarez di menit 27. Tak lama berelang Arturo Vidal dan Dembele menambah keunggulan tuan rumah. Di babak kedua tendangan bebas Messi membuat Barca unggul 4-0.

Barcelona kehilangan dua pemain sekaligus akibar kartu merah di jelang berakhirnya pertandingan. Ronaldo Araujo dapat kartu merah langsung karena dianggap melakukan pelanggaran profesional, sementara Dembele disuir usai dapat dua kartu kuning diduga karena melontarkan protes.

Meski bermain dengan sembilan orang, Barcelona berhasil menjaga keunggulan. Skor 4-0 membuat Barcelona kini berada di posisi dua klasemen Liga Spanyol. Dengan poin 16 mereka menempel Real Madrid di urutan teratas.

 

Jalannya Pertandingan

Meski menang besar, Barcelona tak meraihnya dengan mudah. Terutama di awal pertandingan, justru Sevilla yang tampil ganas dan berulang kali menebar ancaman ke gawang tuan rumah.

Sevilla setidaknya punya tiga peluang emas untuk bikin gol. Yang pertama saat Ter Stegen gagal mengantisipasi dengan sempurna bola yang mengarah ke tiang jauh. Luuk de Jong kurang sigap menyambar bola yang berada tak jauh darinya.

Luuk de Jong kembali kembali gagal memaksimalkan peluang saat tembakan dia dari jarak dekat masih bisa diantisipasi Ter Stegen.

Meski kesulitan menciptakan peluang, Barcelona menghentak di menit 27 melalui gol indah Luis Suarez. Menyongsong umpan yang dilepaskan Nelson Semedo, pemain depan asal Uruguay itu melepaskan tendangan akrobatik untuk mengubah kedudukan jadi 1-0.

Barca tak perlu menunggu lama untuk memperbesar keunggulan karena lima menit kemudian skor berubah jadi 2-0. Arturo Vidal lolos dari jebakan offside saat menyambar umpan yang dilepaskan Arthur. Sama seperti gol pertama, serangan ini dibangun dari sisi kiri.

Di menit 35 Dembele mengubah skor jadi 3-0. Menusuk dari sisi kiri, pemain asal Prancis itu mengarahkan bola ke tiang jauh untuk memperdaya kiper Sevilla.

Pada awal babak kedua, Sevilla nyaris memperkecil kedudukan. Laga baru berjalan tiga menit sepakan Luuk de Jonggagal jadi gol karena mental terkenal tiang gawang.

Setelah beberapa upaya tendangan bebasnya gagal menjadi gol, Messi akhirnya menambah keunggulan Barcelona melalui free kick. Tipis dari luar kotak penalti, bola yang dia sepak melewati pagar hidup pemain Sevilla dan bersarang di gawang. 4-0 untuk Barcelona.

Di menit 87 bencana mendatangi Barcelona saat dua pemainnya dapat kartu merah.

Pertama wasit mengusir Araujo karena dianggap melakukan pelanggaran pada Javier Hernandez. Wasit langsung mengacungi kartu merah karena Araujo adalah pemain terakhir Barca sebelum berhadapan dengan kiper.

Tak lama berselang kartu merah kedua diacungkan wasit pada Dembele. Dia menerima kartu kuning kedua karena dianggap melakukan protes berlebihan.

Meski hanya diperkuat sembilan orang, Barcelona berhasil menjaga keunggulannya. Skor 4-0 bertahan sampai laga tuntas.