Hasil Liga Champions: Madrid Menang Tipis dari Galatasaray

16
Galatasaray vs Real Madrid
Galatasaray vs Real Madrid, Liga Champions, Rabu (23/10/2019) dinihari WIB. (Foto: Twitter @realmadrid)

Istanbul – Real Madrid memetik kemenangan pertama di fase grup Liga Champions. Bertandang ke markas Galatasaray, Madrid menang tipis dengan skor 1-0.

Pada pertandingan Grup A di Stadion Turk Telekom, Rabu (23/10/2019) dini hari WIB, Toni Kroos menjadi penentu kemenangan El Real dengan golnya di babak pertama. El Real memiliki beberapa peluang bagus untuk menciptakan gol tambahan, termasuk sepakan Eden Hazard yang mengenai mistar gawang di babak kedua.

Hasil ini memutus start lambat Madrid usai digasak Paris St. Germain 0-3 dan diimbangi Club Brugge 2-2. Dengan tambahan tiga poin ini, Madrid naik ke peringkat kedua klasemen grup usai mengumpulkan empat poin.

PSG masih memimpin dengan perolehan sembilan angka, sedangkan Galatasaray menghuni posisi terbawah tanpa poin. Di matchday keempat, Madrid akan gantian menjamu klub Turki itu di Santiago Bernabeu pada awal November 2019.

 

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung menekan sejak awal. Rodrygo mendapatkan celah di sayap kanan untuk mengirim umpan kepada Hazard di dekat tiang jauh. Namun, penyelesaian Hazard masih melebar. Dua menit berselang, tembakan Casemiro melambung di atas mistar gawang Galatasaray.

Tim tuan rumah membalas di menit ke-10. Menerima umpan Younes Belhanda, Florin Andone tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Thibaut Courtois. Akan tetapi, Courtois berhasil melakukan penyelamatan gemilang untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Galatasaray nyaris menciptakan gol pembuka semenit kemudian. Andone tidak terkawal dalam situasi set-piece untuk menyambut bola dengan tembakan ke arah sudut bawah gawang Madrid. Courtois lagi-lagi berhasil mementahkan. Skor masih 0-0.

Peluang ganda untuk Madrid. Diawali dari serangan balik cepat umpan Karim Benzema kepada Rodrygo diteruskan dengan sepakan yang masih mengarah kepada Fernando Muslera. Kiper Uruguay itu kembali melakukan penyelamatan untuk menangkal tembakan melengkung Benzema ke sudut bawah gawang.

Di menit ke-18, Madrid akhirnya mampu unggul lebih dahulu. Kerjasama Hazard-Benzema diselesaikan Toni Kroos dengan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang menaklukkan penjagaan Muslera. Madrid mengungguli Galatasaray 1-0.

Madrid terus mencari gol keduanya. Lima menit berselang, kombinasi satu-dua antara Benzema dan Rodrygo diakhiri dengan sebuah tembakan voli dari pemain yang disebutkan terakhir. Bola masih melenceng. Pada menit ke-28, giliran Hazard menguji Muslera dengan percobaan dari tiang dekat meski bola mampu ditangkap.

Galatasaray akhirnya bisa keluar dari tekanan Madrid. Di menit ke-38, Babel melewati Dani Carvajal untuk mengirim umpan kepada Belhanda di kotak penalti. Belhanda terlalu dekat dengan Courtois sehingga tembakannya bisa diselamatkan.

Memasuki menit-menit terakhir, Benzema menjajal peruntungannya dengan melakukan tembakan dari tepi kotak penalti. Bola meluncur ke sudut kiri atas gawang Galatasaray, tapi masih melebar. Babak pertama berakhir, keunggulan Madrid 1-0 tidak berubah.

Usai restart, Benzema membuang sebuah peluang emas. Setelah lolos dari perangkap offside, tembakan Benzema dari situasi one-on-one dengan Muslera bisa dimentahkan. Muslera lantas melakukan penyelamatan lain di tiang dekat untuk menggagalkan upaya Hazard.

Madrid hampir menambah golnya. Di menit ke-65, tembakan Hazard setelah menerima umpan terobosan Benzema membentur tiang gawang.

Sepuluh menit kemudian, Madrid mendapatkan peluang lain untuk menambah golnya. Marcelo menusuk dari sisi kiri untuk mengirim umpan tarik kepada Benzema di dalam kotak penalti. Tembakan striker Prancis itu mengarah ke sudut bawah tapi bisa dihentikan Muslera.

Madrid kini menurunkan tempo permainannya. Ancaman Galatasaray tercipta di tujuh menit terakhir saat Steven Nzonzi melakukan sundulan dari jarak dekat usai menyambut crossing dari sayap kanan. Sayangnya, bola masih melambung tipis dari gawang Courtois.

 

Susunan Pemain

Galatasaray: Muslera, Mariano, Nagatomo, Marcao Teixeira, Luyindama, Donk (Feghouli 46′), Nzonzi, Belhanda (Bayram 67′), Seri (Mor 79′), Babel, Andone

Real Madrid: Courtois, Sergio Ramos, Marcelo, Carvajal, Varane, Kroos, Casemiro, Valverde (James Rodrigues 79′), Benzema, Hazard (Vinicius Jr 79), Rodrygo (Jovic 82′)