Hasil Liga Champions: Kalahkan Olympiakos 2-0, Bayern Lolos ke 16 Besar

9
Bayern Munich vs Olympiakos
Bayern Munich vs Olympiakos, Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. (Foto: Twitter @ChampionsLeague)

Munich – Bayern Munich memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Menyusul kemenangan atas Olympiakos dengan skor 2-0 di matchday keempat.

Duel Bayern vs Olympiakos digelar di Allianz Arena, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. Die Roten mencari respons setelah pemecatan pelatihnya, Niko Kovac, usai kekalahan telak di ajang liga, akhir pekan lalu.

Menghadapi tim Yunani tersebut, Bayern menekan dari awal sampai akhir. Namun, pertahanan solid Olympiakos membuat tim tuan rumah harus puas dalam kedudukan tanpa gol di sepanjang paruh pertama.

Kebuntuan Bayern akhirnya terpecah usai turun minum setelah Robert Lewandowski membuka skor. Pemain pengganti Ivan Perisic menambah keunggulan Bayern sekaligus memastikan kemenangan dengan golnya di menit-menit akhir.

Dengan kemenangan ini, Bayern berhak melaju ke fase knockout. Tim Bavaria itu mengumpulkan 12 poin dari empat pertandingan. Sementara itu, Olympiakos di ujung tanduk usai hanya mengumpulkan satu poin.

 

Jalannya Pertandingan

Bayern memperoleh peluang pertama di menit kelima. Operan Kingsley Coman kepada Leon Goretzka di luar kotak penalti diteruskan dengan tembakan mendatar yang ditepis kiper Jose Sa.

Klaim penalti dilakukan Bayern empat menit berselang setelah Thomas Mueller merasa dilanggar. Namun, wasit tidak menggubris.

Bayern terus mendominasi. Namun, rapatnya pertahanan Olympiakos membuat Bayern sulit mendapatkan celah untuk menciptakan peluang.

Di menit ke-25, Benjamin Pavard mengirim bola lambung yang ditujukan kepada Robert Lewandowski di tiang jauh. Namun, sundulan Lewandowski masih mengarah tepat ke pelukan Jose Sa.

Ancaman lain dari Bayern pada 10 menit kemudian. Tusukan Coman dari sayap kanan diakhiri dengan tembakan mendatar ke tiang jauh. Jose Sa masih tangguh setelah menepis bola ke arah atas mistar gawang Olympiakos.

Menjelang turun minum, Bayern menciptakan peluang terbaiknya setelah Pavard menyambar bola hasil sepak pojok yang menciptakan kemelut di depan gawang Olympiakos. Namun, tembakan Pavard hanya menghantam mistar gawang. Pertandingan paruh pertama selesai skor masih tanpa gol.

Jose Sa kembali melakukan penyelamatan penting. Diawali dari tembakan bebas Josua Kimmich, Lewandowski menyambut dengan sundulan kepada Goretzka. Pemain yang disebut terakhir menanduk bola dari depan gawang, tapi masih bisa dimentahkan.

Usaha Bayern akhirnya terbayar. Di menit ke-69, Bayern membobol gawang Olympiakos untuk memimpin 1-0.

Gol tersebut terlahir dari serangan balik cepat. Di sayap kanan, Coman mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti yang diselesaikan Lewandowski dengan sontekan di tiang dekat guna menaklukkan Jose Sa.

Hanya dua menit berselang Bayern hampir menciptakan gol tambahan. Serge Gnabry melepaskan umpan akurat, Coman berlari ke arah tiang dekat. Namun, Coman gagal membuat kontak sehingga bola keluar begitu saja.

Keputusan jitu memasukan Ivan Perisic. Winger Krosia itu langsung menciptakan dampak hanya semenit setelah masuk menggantikan Gnabry.

Dari serangan balik cepat, umpan silang Coman dibelokkan pemain Olympiakos sehingga terjadi kemelut di depan gawang. Perisic dengan tenang melesakkan sepakan kaki kiri yang bersarang di sudut atas gawang. Kedudukan 2-0 untuk Bayern di menit ke-89.

Gol Perisic tersebut membunuh Olympiakos. Setelah menciptakan situasi aman, Bayern menurunkan tempo permainan sambil menunggu waktu pertandingan habis.

 

Susunan Pemain

Bayern Munich: Neuer, Alaba, Kimmich, Pavard, Javi Martinez, Goretzka (Tolisso 82′), Gnabry (Perisic 88′), Davies, Mueller, Lewandowski, Coman (Coutinho 90+1′)

Olympiakos: Jose Sa, Eladellaoui, Ruben Semedo, Meriah, Tsimikas, Guilherme, Bouchalakis (Valbuena 71′), Daniel Podence (El-Arabi 79′), Randelovic (Masouras 61′), Mady Camara, Guerrero