Hasil Liga Champions: Menang 2-1 dari Lokomotiv, Juventus Lolos ke Fase Gugur

10
Lokomotiv Moskow vs Juventus
Lokomotiv Moskow vs Juventus, Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. (Foto: Twitter @juventusfc)

Moskow – Juventus berhasil lolos ke fase gugur usai menang 2-1 atas Lokomotiv Moskow. Douglas Costa menjadi pahlawan Si Nyonya Tua berkat golnya di menit akhir laga.

Berlaga di Lokomotiv Stadium pada matchday keempat Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB, Juventus membuka keunggulan lewat Aaron Ramsey. Lokomotiv kemudian mampu membalas lewat Aleksey Miranchuk.

Gol kemenangan pasukan Maurizio Sarri lahir di menit akhir laga lewat aksi dari Douglas Costa. Tambahan tiga membuat Juventus memuncaki klasemen Grup D dengan 10 poin.

Mereka juga sudah dipastikan lolos ke fase gugur. Sementara Lokomotiv tertahan di urutan ketiga dengan tiga angka.

 

Jalannya Pertandingan

Juventus mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan empat menit. Gol ini berawal dari tendangan bebas Ronaldo di sisi kiri pertahanan Lokomotiv.

Sepakan CR7 sebenarnya mengarah tepat ke pelukan Guilherme. Namun kiper kelahiran Brasil ini tak lekat dalam melakukan tangkapan.

Bola yang terlepas di melewati dua kakinya langsung disambar oleh Aaron Ramsey untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk Si Nyonya Tua.

Tertinggal di awal laga, Lokomotiv tak panik. Mereka mampu merespon di menit ke-12 untuk menyamakan kedudukan.

Maciej Rybus melepas umpan silang terukur yang berhasil ditanduk Aleksey Miranchuk. Sundulannya ini masih membentur tiang kiri gawang Juventus.

Bola muntah yang kembali ke mengarah ke Miranchuk tak disia-siakan olehnya. Pemain asal Rusia ini sukses menceploskan bola ke gawang Wojciech Szczesny.

Tuan rumah hampir saja berbalik memimpin di menit ke-21.Kepala Miranchuk kembali menebar ancaman.

Ia yang berdiri di depan gawang Juventus mampu menyambar umpan silang Rifat Zhemaletdinov dari sisi kanan. Namun sundulannya masih sedikit melambung dari gawang Bianconeri.

Memasuki pertengahan babak pertama, Juventus mampu memegang kendali permainan. Sementara tuan rumah memilih tampil menunggu mengandalkan serangan balik.

Di menit ke-35, Juventus memiliki peluang untuk mencetak gol lewat Gonzalo Higuan. Menerima umpan Pjanic dari lini tengah, ia mampu lolos dari perangkap offside lini belakang Lokomotiv.

Tanpa mengontrol bola, ia langsung melepas tembakan. Namun Guilherme dengan sigap masih mampu menepis bola.

Satu menit berselang Guilherme kembali menjadi penggagal usaha Higuain mencetak gol. Kali ini, ia mampu mengamankan sepakan jarak jauh dari penyerang asal Argentina tersebut.

Di 10 menit akhir babak pertama kedua tim sama gagal menciptakan peluang berbahaya. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Juventus langsung mengambil inisiatif serangan di menit awal babak kedua. Peluang hadir bagi mereka di menit ke-56.

Umpan Alex Sandro diteruskan oleh Higuain dengan sebuah sontekan. Bola pantul ini mengarah ke Ronaldo yang memiliki ruang tembak di depan kotak penalti Lokomotiv.

Ia melepas sepakan keras, tapi Guillerme masih sulit ditaklukkan dengan berhasil menepis bola. Setelah itu, laga berlangsung monoton.

Ini terjadi karena serangan Juventus terbilang tumpul meski mereka menguasai jalannya laga. Lokomotiv mencuri kesempatan di menit ke-77. Lewat sebuah serangan balik, Gregorz Krychowiak menusuk ke kotak penalti.

Usahanya ini dengan cepat ditutup oleh Szczesny yang keluar dari sarangnya. Namun bola liar yang bergulir justru mengarah ke Joao Mario.

Ia melepas sepakan ke gawang yang telah ditinggal Szczesny. Juventus selamat dari kebobolan setelah Bonucci mampu menahan laju bola tepat di garis gawang.

Ketika laga akan berakhir imbang, Douglas Costa muncul sebagai pahlawan kemenangan Juventus. Dari sisi kiri, ia melewati tiga pemain Lokomotiv.

Costa kemudian melakukan kerja sama apik dengan Higuian. Il Pipita menyodorkan bola kembali ke Costa dengan tumitnya. Sepakan pemain 29 tahun ini dari dalam kotak penalti mengubah skor menjadi 2-1.

 

Susunan Pemain

Lokomotiv Moskow: Guilherme; Vladislav Ignatjev, Benedikt Howedes, Vedran Corluka, Maciej Rybus; Rifat Zhemaletdinov (Murilo Cerqueira 81′), Gregorz Krychowiak, Dimitri Barinov, Joao Mario (Aleksandr Kolomeytsev 85′) ; Alexey Miranchuk; Eder

Juventus: Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Sami Khedira (Douglas Costa 70′), Miralem Pjanic, Adrien Rabiot; Aaron Ramsey (Rodrigo Betancur 64′); Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo (Paulo Dybala 81′)