Kualifikasi Piala Eropa 2020: Prancis Susah Payah Taklukkan Moldova

16
Prancis vs Moldova
Prancis vs Moldova, Kualifikasi Piala Eropa 2020, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB. (Foto: Bleacher Report)

Jakarta – Butuh sebuah gol kontroversial dan penalti untuk Prancis mengalahkan Moldova 2-1 di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Les Bleus bahkan tertinggal lebih dulu.

Prancis menjamu Moldova di Stade De France, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H. Mereka langsung menekan Moldova selepas sepak mula.

Di menit keenam, Olivier Giroud memotong bola sapuan Moldova dan membuatnya jatuh ke kaki Kylian Mbappe. Mbappe melepaskan sepakan ke arah gawang, tapi laju bola dihentikan dengan nyaman oleh Alexei Koselev. Tiga menit kemudian, Moldova merespons dengan gol.

Sebuah kesalahan dari Clement Lenglet kala berupaya melindungi bola dari Vadim Rata, tapi ia gagal. Bola diserobot Vadim Rata yang kemudian mampu menaklukkan Steve Mandanda.

Prancis menciptakan peluang tak lama kemudian. Benjamin Pavard mendapatkan bola di sisi kanan, sedikit di depan kotak penalti. Percobaannya meluncur tipis saja ke kiri gawang.

Tuan rumah terus menekan dan giliran Olivier Giroud mendapatkan kans di menit ke-12. Sepakannya dari dekat gawang menyambar umpan silang Lucas Digne masih melebar.

Mbappe meloloskan diri dari penjagaan di menit ke-26, lalu mengirim umpan mendatar ke arah Giroud. Tapi Koselev sigap melihat situasi dan memotong bola.

Giroud membuang peluang lain di menit ke-30, lagi-lagi saat menyambut umpan silang Digne. Kali ini sundulannya gagal mengarah ke gawang, melenceng saja. Tiga menit berselang, Mbappe melepaskan tendangan mendatar dan masih terlalu mudah untuk Koselev.

Serangan Prancis membuahkan hasil di menit ke-35. Raphael Varane menyambar bola liar ke dalam gawang, setelah Koselev gagal menghalau bola.

Moldova memprotes gol ini karena menilai Koselev mendapatkan gangguan dari Giroud, tapi wasit tetap mengesahkannya. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Prancis melanjutkan tekanannya ke babak kedua. Mbappe langsung beraksi di menit pertama dengan tusukan dari kanan, melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melambung.

Tuan rumah menuntut penalti di menit ke-51 setelah Mbappe terjatuh dalam duel di dekat garis kotak penalti. Wasit bergeming dan membiarkan permainan berlanjut.

Prancis mendapatkan peluang lima menit kemudian. Giroud berhasil menjaga bola sapuan Koselev tetap hidup dan menyodorkannya ke Mbappe. Mbappe menyambar dengan tembakan, akan tetapi diblok oleh Ion Jardan.

N’Golo Kante mendapatkan bola di kanan dan mengopernya ke Pavard. Bek kanan Prancis itu meneruskannya dengan umpan silang yang menemui Giroud. Sepakan Giroud belum membuahkan hasil, kali ini melambung.

Prancis terus berupaya membongkar Moldova yang menumpuk pemain. Sepakan Griezmann dari luar kotak penalti pada menit ke-69 melesat ke atas gawang.

Upaya Prancis pada prosesnya berbuah penalti di menit ke-77, setelah Digne dijatuhkan Veaceslav Posmac. Giroud maju sebagai eksekutor dan kali ini sukses mengarahkan bola ke dalam gawang.

Sebuah sodoran dari Mbappe coba diselesaikan Griezmann. Sepakannya hanya melebar dari gawang.

Giroud mendapatkan peluang bagus di menit ke-89 saat menerima bola di dalam kotak penalti. Koselev tampil baik untuk menggagalkan gol dari jarak dekat.

Tak ada gol lain tercipta, Prancis menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1. Dengan hasil ini, Prancis merebut posisi teratas klasemen Grup H dengan koleksi 22 poin dari sembilan laga.

Anak-anak asuh Didier Deschamps menyalip Turki, yang sebelumnya bermain imbang 0-0 dengan Islandia. Turki kini ada di posisi dua dengan 20 poin, unggul empat poin dari Islandia.

Prancis dan Turki sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dan tinggal memperebutkan posisi teratas di laga terakhir nanti. Prancis akan meghadapi Albania, sementara Turki melawan Andorra.

 

Susunan Pemain

Prancis: Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Digne; N’Golo Kante, Corentin Tolisso; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Kingsley Coman (Thomas Lemar 88′); Olivier Giroud

Moldova: Alexei Koselev; Ion Jardan (Dinu Graur 68′), Artur Craciun, Veaceslav Posmac, Igor Armas, Sergiu Platica; Catalin Carp, Eugeniu Cociuc, Artur Ionita; Radu Ginsari (Nicolae Milinceanu 74′), Vadim Rata (Artur Patras 81′)