Kualifikasi Piala Eropa 2020: Gnabry Hat-trick, Jerman Gebuk Irlandia Utara 6-1

14
Jerman vs Irlandia Utara
Jerman vs Irlandia Utara, Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (20/11/2019). (Foto: Mirror)

Frankfurt – Timnas Jerman mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Timnas Irlandia Utara 6-1. Serge Gnabry hat-trick di laga tersebut.

Bertanding di Commerzbank Arena, Frankfurt, Jerman sempat dikejutkan dengan gol cepat Irlandia Utara yang dicetak Michael Smith. Memanfaatkan umpan tarik, Smith melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang melesakkan bola ke gawang Jerman. Tuan rumah ketinggalan 0-1.

Jerman berupaya membalas. Di menit ke-10, Serge Gnabry melepaskan tendangan jarak dekat ke gawang Irlandia Utara, usai mendapat sodoran Toni Kroos. Namun, bolanya masih bisa diredam Bailey Peacock-Farrell.

Terus menekan, Jerman akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-19 lewat Gnabry. Menerima umpan tarik Jonas Hector di kotak penalti, Gnabry melepaskan tendangan kaki kanan yang mengirim bola ke pojok kanan atas gawang Irlandia Utara.

Irlandia Utara sempat mengancam lagi. Smith bahkan nyaris membawa keunggulan lagi, andai tandukannya tidak melenceng di menit ke-29.

Sebelum jeda, Jerman akhirnya bisa membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Leon Goretzka yang mencetak gol, usai mencocor bola kiriman Hector dari kiri. Sempat gagal disontek Gnabry, Goretzka menuntaskannya menjadi gol. Skor bertahan hingga turun minum.

Babak kedua bergulir, Jerman langsung menjauhkan keunggulan. Di menit ke-47, Gnabry mencetak gol keduanya sekaligus membawa pasukan Joachim Loew memimpin menjadi 3-1. Kali ini sepakan mendatarnya dari dalam kotak penalti, mengirim bola bersarang ke pojok kiri bawah gawang Irlandia Utara.

Gol ketiga membuat Jerman praktis mendominasi laga. Berkali-kali peluang dihadirkan lewat Kroos dan Emre Can, namun belum membuahkan gol.

Irlandia Utara sempat gantian mengancam di menit ke-57. Josh Magennis meneruskan sundulan George Saville, namun bolanya masih melenceng ke kanan gawang Jerman.

Tiga menit berselang, Jerman bisa mencetak gol keempatnya. Gnabry mencatat hat-trick usai bisa meneruskan umpan terobosan Julian Brandt. Meski mendapat pengawalan Tom Flanagan, Gnabry bisa menceploskan bola dari sisi kiri gawang Irlandia Utara. Skor menjadi 4-1.

Pesta gol Jerman belum berhenti. Di menit ke-73, gol kelima berhasil didapat. Goretzka mencetak gol keduanya dengan sepakan keras di depan kotak penalti. Bolanya meluncur ke pojok kiri tanpa bisa diantisipasi Peacock-Farrell.

Unggul lima gol tak meredakan tekanan Jerman. Juara Piala Dunia 2014 itu masih terus membahayakan gawang Irlandia Utara. Peluang sempat didapat lewat Joshua Kimmich di menit ke-79 dan Suat Serdar semenit jelang waktu normal habis, namun masih belum menambah gol.

Gol keenam Jerman akhirnya lahir di injury time. Brandt mencetak gol dengan sepakan kaki kiri, usai mendapat sodoran Kroos di sisi kiri kotak penalti. Skor 6-1 bertahan hingga laga tuntas.

Hasil ini membuat Jerman mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2020 berstatus juara Grup C dengan 21 poin. Adapun di tempat kedua diisi Belanda dengan 19 poin.

 

Susunan Pemain

Jerman: Ter Stegen, Klostermann (Stark 65′), Can, Jonathan Tah, Hector, Kroos, Kimmich, Goretzka (Serdar 73′), Guendogan, Brandt, Gnabry (Amiri 80′)

Irlandia Utara: Peacock-Ferrel, Flanagan, Cathcart, McNair (Boyce 77′), Shane, Saville, Davis, Evans (McLaughlin 65′), Smith, Magennis (Lavery 83′), Thompson