Tottenham Hotspur Pecat Mauricio Pochettino

18
Mauricio Pochettino
Tottenham Hotspur memecat Mauricio Pochettino. (Foto: Evening Standard)

London – Tottenham Hotspur memecat Maurico Pochettino dari kursi manajer. Performa buruk The Lilywhites menjadi penyebabnya.

“Klub hari ini dapat mengumumkan bahwa Mauricio Pochettino dan staf pelatihnya Jesus Perez, Miguel D’Agostino dan Antoni Jimenez telah dibebaskan dari tugas mereka,” demikian pernyataan Tottenham pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB.

Bos Tottenham, Daniel Levy, menilai performa buruk klub tidak bisa ditolerir. Ia menyebut keputusan ini sedianya sulit diambil.

“Kami sangat enggan untuk melakukan perubahan ini,” kata Levy di situs resmi klub.

“Ini bukan keputusan yang diambil dewan dengan mudah, juga tidak tergesa-gesa. Hasil di liga domestik yang disayangkan pada akhir musim lalu dan awal musim ini sangat mengecewakan.”

“Itu menjadi tanggung jawab kami untuk membuat keputusan yang sulit ini, yang lebih banyak kenangan bersama Mauricio dan staf pelatihnya, tetapi kami melakukannya juga demi kepentingan terbaik klub,” jelas Levy.

Pochettino melatih Tottenham sejak 2014. Musim lalu, ia mengantar klub menjadi runner up Liga Champions setelah dikalahkan Liverpool di final, dan finis di peringkat keempat Liga Inggris.

Namun musim ini, penampilan Tottenham memburuk. Harry Kane dkk sementara berada di peringkat ke-14 klasemen Liga Inggris setelah baru meraih tiga kemenangan, lima hasil seri, dan 4 kali kalah.

Di Liga Champions, Tottenham juga masih berada di peringkat kedua Grup B dengan raihan 7 poin. Tottenham juga sempat dibantai 2-7 oleh Bayern Munich.

Pochettino, yang juga sempat melatih Espanyol dan Southampton, sudah memimpin 293 laga Tottenham. Rinciannya, ia meraih 159 kemenangan, 62 imbang, dan 72 kalah, dengan persentase kemenangannya 54,3%.