Hasil Liga Champions: Liverpool Vs Napoli Berakhir 1-1

11
Liverpool vs Napoli
Liverpool vs Napoli, Liga Champions, Kamis (28/11/2019) dini hari WIB. (Foto: Evening Standard)

Jakarta – Liverpool mendominasi, tapi Napoli tak memberikan banyak celah untuk dieksploitasi. Laga berakhir imbang 1-1 usai gol Dries Mertens dibalas Dejan Lovren.

Menjamu Napoli di Anfield, Kamis (28/11/2019) dini hari WIB pada matchday lima Liga Champions, Liverpool memulai dengan agresif. Juara bertahan langsung menekan jauh ke pertahanan lawan.

Tapi justru Napoli yang berhasil unggul lebih dulu. Memenangi bola kedua, Partenopei melakukan serangan cepat dan mencetak gol lewat Dries Mertens di menit ke-21. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Liverpool melanjutkan dominasi di babak kedua, hingga mendapatkan gol penyaman di menit ke-65. Lovren menyambar umpan James Milner dari sepak pojok. Skor 1-1 bertahan sampai laga tuntas.

Dengan tambahan satu poin, Liverpool mempertahankan puncak klasemen Grup E dengan 10 poin dari lima laga. Napoli menyusul dengan sembilan poin di urutan kedua.

Salzburg mengoleksi tujuh poin di posisi tiga, usai menang 4-1 atas Genk di laga lainnya. Genk sendiri baru memetik satu poin sejauh ini. Belum ada yang dipastikan lolos dari grup ini.

 

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung menekan Napoli dengan gencar selepas kick-off. Tapi lini pertahanan Napoli menunjukkan ketenangan untuk keluar dari tekanan tersebut.

Mohamed Salah kehilangan bola ke Giovanni Di Lorenzo di menit ke-12. Bola kemudian diteruskan ke Dries Mertens dan coba disepak ke gawang. Bola membentur Dejan Lovren dan disambar oleh Fabian Ruiz, kali ini melambung.

Liverpool harus kehilangan Fabinho di menit ke-19 karena cedera. Ia digantikan oleh Georginio Wijnaldum.

 

Baca juga: Hasil Liga Champions: Trio MSG Bawa Barcelona Gebuk Dortmund 3-1

 

Napoli memimpin di menit ke-21. Di Lorenzo mengirim umpan terobosan ke Mertens yang berlali bebas, lalu menyelesaikannya dengan tembakan ke pojok kiri bawah gawang.

VAR sempat mengecek proses terciptanya gol ini, terkait potensi pelanggaran terhadap Virgil van Dijk oleh Mertens. Selain itu ada kemungkinan offside dari sang penyerang Napoli. Tapi pada akhirnya gol disahkan.

Liverpool terus kesulitan menciptakan peluang bersih. Baru di menit ke-36 tuan rumah menebar ancaman serius. Van Dijk menanduk bola dari tendangan bebas namun masih tepat ke arah Alex Meret.

Sadio Mane terjatuh di kotak penalti di bawah tekanan pemain Napoli. Tapi wasit tak melihatnya sebagai penalti. Sampai babak pertama berakhir, tak ada lagi gol tercipta.

Liverpool melanjutkan tekanannya selepas restart. Sebuah kesalahan dari Meret di menit ke-55 nyaris berbuah gol penyama buat Liverpool.

Kiper Napoli itu melakukan kesalahan saat mengantisipasi bola dari Jordan Henderson, membuatnya mengarah ke Roberto Firmino. Tapi Kalidou Koulibaly sigap menyapu bola.

Salah mendapatkan peluang di menit ke-61. Sepakannya masih terlalu ke tengah dan mudah dinetralkan Meret.

Dua menit berselang, giliran Firmino mendapatkan kesempatan. Umpan silang Alex Oxlade-Chamberlain mengarah kepadanya dan ditanduk, namun masih melebar.

Liverpool berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-65. Dari sepak pojok, umpan James Milner disambar sundulan Dejan Lovren. VAR sempat mengecek gol ini atas potensi terjadinya pelanggaran, tapi tak ada anulir.

Andy Robertson mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-76. Masih jauh dari sasaran. Giliran Wijnaldum mencoba empat menit kemudian, kali ini tipis saja di kiri gawang.

Liverpool terus menekan, tapi Napoli tak memberikan banyak ruang. Sampai pertandingan usai, tidak ada lagi gol yang tercipta.

 

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson; Joe Gomez (Alex Oxlade-Chamberlain 57′), Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho (Georginio Wijnaldum 19′), James Milner (Trent Alexander-Arnold 78′); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Napoli: Alex Meret; Nikola Maksimovic, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly; Giovanni Di Lorenzo, Fabian Ruiz, Allan, Piotr Zielinski (Amin Younes 85′), Mario Rui; Hirving Lozano (Fernando Llorente 72′), Dries Mertens (Elmas 81′)

 

Baca juga: Hasil Liga Champions: Seru! Valencia Vs Chelsea Berakhir 2-2