Hasil Liga Inggris: Dominan, Man City Hajar Burnley 4-1

8
Burnley vs Manchester City
Burnley vs Manchester City, Liga Inggris, Rabu (4/12/2019) dini hari WIB. (Foto: ESPN.com)

Liverpool – Manchester City tampil dominan saat menghadapi tuan rumah Burnley. Diwarnai dua gol Gabriel Jesus, The Citizens menang telak 4-1 dan menjaga jarak dengan Liverpool.

Pada laga pekan ke-15 yang dihelat di Turf Moor, Rabu (4/12/2019) dini hari WIB, City unggul satu gol di babak pertama lewat gol Jesus dan diperbesar di awal babak kedua. Rodri dan Riyad Mahrez menambah gol City.

Gol Robbie Brady di pengujung babak kedua jadi hiburan untuk Burnley yang kini menempati posisi ke-11 dengan 18 poin. Sementara, City naik ke posisi kedua klasemen dengan selisih delapan poin dari Liverpool di puncak. Selisih itu bisa melebar andaikan Si Merah mengalahkan Everton Kamis dini hari WIB nanti.

 

Jalannya Pertandingan

City begitu dominan sepanjang babak pertama dan langsung menekan sejak menit awal. Statistik Premier League mencatat ada total delapan attempts dibuat dengan lima on goal. Sementara, Burnley cuma diberikan dua kali attempts.

Meski begitu, City kesulitan membongkar pertahanan Burnley yang bermain begitu rapat. Umpan-umpan pendek yang diperagakan Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, dan David Silva lebih banyak dialirkan ke sisi lapangan.

Kebuntuan akhirnya pecah juga pada menit ke -24 ketika City membangun serangan dari sisi kiri. David Silva menyodorkan bola kepada Gabriel Jesus yang lantas menusuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan melengkung yang mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang Nick Pope.

Unggul 1-0 membuat City lebih nyaman menguasai pertandingan dan mereka memaksa Burnley bertahan lebih dalam. Di menit ke-32, De Bruyne mengirimkan umpan kepada Sterling, tapi bola sepakannya bisa ditepis Pope.

Dua menit jelang turun minum, City kembali menyerang lewat counter-attack. Kali ini Bernardo Silva mendapati dirinya dalam posisi bebas di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan yang bisa dihalau Pope.

Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, City menaikkan intensitas serangan dan langsung mencetak gol keduanya pada menit ke-50, kembali Jesus jadi pencetaknya.

City dengan sabar membangun serangan dari sisi kanan dan mengoper bola hingga menemukan celah. Bernardo Silva lantas melihat Jesus dalam posisi bebas dan mengirimkan umpan silang yang diteruskan dengan sepakan voli jarak dekat.

Usai gol kedua Jesus itu, City mampu memperbesar skor jadi 3-0 pada menit ke-68. Kali ini Rodri menyambut bola muntah David Silva yang membentur pemain lawan, dan mengarah ke pojok atas meski sudah berusaha ditepis Pope.

Di menit ke-84, Riyad Mahrez mengirimkan umpan ke sisi kiri yang ditempati Angelino tapi sepakan menyilangnya melebar. Jesus yang coba meraihnya juga gagal.

Tapi, Mahrez tak menyia-nyiakan kesempatan tiga menit berselang ketika dia mendapat umpan dari David Silva. Mahrez mencari ruang tembak sebelum mengarahkan bola dengan kaki kanannya ke pojok gawang Pope.

Burnley lantas memangkas keunggulan City jadi 1-4 pada menit ke-88. Kemelut terjadi di sisi kiri pertahanan City dan Jeff Hendrick memberikan umpan kepada Robbie Brady yang cepat menyonteknya di depan gawang Ederson.

Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir.

 

Susunan Pemain

Burnley: Nick Pope; Phil Bardsley, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Aaron Lennon, Jack Cork, Jeff Hendrick, Danny Drinkwater (Ashley Barnes 59′), Dwight McNeil (Robbie Brady 75′); Chris Wood (Jay Rodriguez 59′)

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Fernandinho (Eric Garcia 85′), Nicolas Otamendi, Angelino; David Silva, Rodrigo, Kevin De Bruyne (Phil Foden 80′); Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling (Riyad Mahrez 72′)