Hasil Liga Inggris: Liverpool Menang Tipis 1-0 dari Tottenham

64
Tottenham Hotspur vs Liverpool
Tottenham Hotspur vs Liverpool, Liga Inggris, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB. (Foto: Twitter @LFC)

Jakarta – Liverpool belum juga terbendung. Di markas Tottenham Hotspur, Si Merah memetik kemenangan tipis 1-0 lewat gol Roberto Firmino untuk melanjutkan kemenangan.

Duel Tottenham Hotspur vs Liverpool pada laga pekan ke-22 Liga Inggris berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB. Liverpool mengambil inisiatif selepas sepak mula, dengan Tottenham memainkan pendekatan yang lebih sabar dan tak agresif.

Liverpool mendominasi babak pertama dan menciptakan sejumlah peluang bagus. Tapi gol baru didapatkan di menit ke-37 lewat Roberto Firmino.

Liverpool melanjutkan tekanan di babak kedua. Tapi kemudian Tottenham melakukan sejumlah perubahan taktik dan tampil lebih berbahaya di 20 menit terakhir.

Dua peluang bagus didapatkan Tottenham lewat Son Heung-min dan Giovani Lo Celso. Namun penyelesaian akhir yang lemah membuat tuan rumah gagal menyamakan skor hingga peluit akhir berbunyi.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan Liverpool saja di puncak klasemen Liga Inggris, mengingat Leicester City di posisi dua menelan kekalahan. Kini anak-anak Merseyside mengoleksi 61 poin dari 21 laga, belum terkalahkan sejak awal musim dan sudah merangkai 12 kemenangan beruntun.

Liverpool memimpin 16 poin atas Leicester. Sementara Tottenham kini turun ke posisi delapan dengan 30 poin dari 22 laga.

 

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, Liverpool sudah menebar ancaman serius untuk tuan rumah. Roberto Firmino terbebas di kanan dan bergerak ke tengah, lalu melepaskan sepakan yang dihalau Japhet Tanganga di depan gawang.

Bola pantulan kemudian disambut oleh Alex Oxlade-Chamberlain, namun kali ini mengenai tiang. Paulo Gazzaniga lantas mengamankan bola.

Tottenham merespons di menit kelima. Lucas Moura menusuk dan mencoba melepaskan tembakan yang masih melebar saja.

 

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Leicester City Takluk 1-2 dari Southampton

 

Jordan Henderson kehilangan bola di area tengah dan membuka kesempatan untuk Tottenham. Son Heung-min menembak namun juga melebar.

Tottenham melakukan pendekatan yang lebih sabar menghadapi sang pemuncak klasemen. Mereka tak menekan dengan terlalu agresif. Di menit ke-13, sebuah umpan panjang diterima Dele Alli yang menuntaskannya dengan sepakan ke atas gawang.

Percobaan Firmino di menit ke-18 mudah untuk diredam. Sementara serangan cepat Tottenham diakhiri Christian Eriksen dengan tembakan dari luar kotak penalti. Upayanya terlalu lemah untuk menaklukkan Alisson Becker.

Peluang bagus buat Liverpool di menit ke-22. Berawal dari sepak pojok, bola dikuasai Henderson di kanan yang kemudian melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Virgil van Dijk menyundul ke arah gawang, akan tetapi Gazzaniga bisa menepisnya.

Sebuah pergerakan bagus diperagakan Liverpool di area kotak penalti Tottenham pada menit ke-35. Menerima umpan di depan kotak penalti, Salah meneruskannya ke Firmino yang menusuk ke dalam. Firmino mengangkat bola dan disambar Mane dengan tendangan voli. Bola meluncur ke atas gawang.

GOL! Liverpool memimpin di menit ke-37. Henderson menyundul bola liar di depan kotak penalti dan operannya ditahan sesaat oleh Salah. Ia lalu menyodorkannya ke Firmino di kiri dan dituntaskan dengan tembakan keras. VAR sempat mengecek atas potensi handball dari Henderson, tapi tak ada pelanggaran.

Liverpool memenangi bola di area Tottenham karena Dele Alli menahan bola terlalu lama dan Salah merangsek. Tembakan penyerang asal Mesir itu melebar ke kanan gawang.

Liverpool dengan cukup nyaman memainkan bola karena minimnya tekanan balik dari Tottenham. Chamberlain melakukan percobaan jarak jauh di masa injury time babak pertama, tapi jauh dari sasaran. 1-0 untuk keunggulan Liverpool di turun minum.

Kejelian Serge Aurier berujung dengan umpan ke Lucas Moura. Penyelesaian akhir Lucas tak mengarah ke gawang.

Sebuah serangan cepat dilancarkan Liverpool lewat Salah di kanan. Bola dikirim menyilang ke Mane di sisi kiri, diteruskan dengan umpan lagi ke Alexander-Arnold di kanan. Sepakan Alexander-Arnold meluncur ke kiri gawang.

Peluang untuk Tottenham di menit ke-56! Tusukan Alli dihentikan tekel Van Dijk. Bola bergulir ke Aurier yang mengarahkan tembakan keras ke gawang. Tapi Alisson dengan tenang menangkapnya.

Liverpool membalas dua menit kemudian. Salah menyodorkan bola ke Firmino dan disambut sepakan di kesempatan pertama. Tapi tendangannya tak cukup kencang dan bisa diamankan Gazzaniga.

Tuan rumah kembali menebar ancaman di menit ke-60. Kali ini dari Son yang bergerak memotong dan mengakhirinya dengan tembakan. Bola mengenai Oxlade-Chamberlain lalu meluncur sedikit di samping gawang Liverpool.

Nyaris gol kedua untuk Liverpool di menit ke-65. Umpan silang Alexander-Arnold disundul Mane di depan gawang, hanya saja masih sedikit terlalu lemah sehingga bisa dihalau Gazzaniga.

Tottenham membuang peluang bagus di menit ke-75. Georginio Wijnaldum kehilangan bola di sisi kiri pertahanan Liverpool dan bola dioper Lucas ke Son di sisi kiri. Dalam posisi cukup bebas, sepakan Son malah melambung.

Tottenham membangun serangan lain lima menit berselang. Giovani Lo Celso terbebas di sisi kanan dan mengirim umpan mendatar, tapi tak ada rekan yang menyambar di depan gawang.

 

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Rashford Dua Gol, MU Hajar Norwich 4-0

 

Nyaris Tottenham menyamakan skor di menit ke-83. Aurier leluasa di sisi kanan untuk mengirim umpan lambung ke tiang jauh. Lo Celso terbebas dan mencocornya, tapi melebar!

Liverpool sempat menebar ancaman di menit ke-90 lewat Divock Origi. Usai melewati sejumlah pemain, ia melepaskan tembakan yang belum mampu menaklukkan Gazzaniga.

Tottenham balas mengancam di masa injury time lewat aksi Son. Tendangan kerasnya tepat mengarah ke pelukan Alisson. Laga tuntas, Liverpool menang 1-0 atas Tottenham.

 

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Paulo Gazzaniga; Japhet Tanganga, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Danny Rose (Erik Lamela 69′); Harry Winks, Christian Eriksen (Giovano Le Celso 69′); Serge Aurier, Dele Alli, Son Heung-min; Lucas Moura

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain (Adam Lallana 61′); Mohamed Salah (Xherdan Shaqiri 91′), Roberto Firmino, Sadio Mane (Divock Origi 81′)