Hasil Piala FA: Menang 3-2 dari Southampton, Tottenham ke Babak Kelima

19
Tottenham Hotspur vs Southampton
Tottenham Hotspur vs Southampton, Piala FA, Kamis (6/2/2020) dini hari WIB. (Foto: Twitter @SpursOfficial)

London – Tottenham Hotspur berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk menundukkan Southampton 3-2. Kemenangan ini meloloskan mereka ke babak kelima Piala FA.

Laga replay babak keempat Piala FA antara Tottenham dengan Southampton tersaji di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (6/2/2020) dini hari WIB. Pertandingan ini harus diulang karena sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 di St Marry’s Stadium.

Pertandingan di markas Spurs ini berlangsung sengit. Tottenham dan Southampton saling berbalas gol.

Tuan rumah akhirnya mampu mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2 meski sempat tertinggal. Tiga gol skuat Jose Mourinho diciptakan oleh bunuh diri Jack Stephen, Lucas Maura dan penalti Son Heung-min.

Sementara Southampton hanya mampu membalas lewat Shane Long dan Danny Ings. Hasil ini mengantarkan Tottenham melaju ke babak kelima Piala FA. Norwich City akan menjadi lawan mereka berikutnya.

 

Jalannya Pertandingan

Di awal laga, Southampton lebih dominan dalam mengusai bola. Mereka tampil sabar dalam membangun serangan.

Meski begitu, Tottenham yang justru mampu unggul terlebih dulu di menit ke-12. Lewat serangan cepat tusukan Ryan Sessegnon merepotkan lini belakang tim tamu.

Pergerakan Sessegnon ini sempat berhasil diadang oleh Jack Stephens. Bola liar yang lahir langsung disambar oleh Tanguy Ndombele.

Sepakannya dari luar kotak penalti mengenai badan dari Stephen dan berbelok arah. Bola yang berbelok arah mengecoh Angus Gunn dan meluncur ke gawang Southampton. Skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham.

The Saints yang berusaha merespon gol ini mampu menyamakan kedudukan di menit ke-34. Gol ini bermula dari pergerakan apik Nathan Redmond di kotak penalti.

Tembakannya sambil membalik badan berhasil mengancam gawang Tottenham. Upayanya ini mampu digagalkan oleh Hugo Lloris.

Namun bola muntah tepisan Lloris ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Shane Long. Ia menyambar bola mencatatkan namanya di papan skor.

Kedudukan imbang 1-1 ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Southampton mampu berbalik memimpin di menit ke-72. Redmond kembali menjadi kreator dari gol timnya.

Menusuk dari lini tengah, Redmond mengelabuhi satu pemain Tottenham. Ia lalu menyodorkan bola ke Danny Ings.

Ings melakukan penyelesaian sempurna dengan melakukan tembakan terukur ke pojok kiri bawah gawang Lloris. Sepakannya mampu menggetarkan jala Tottenham sehingga Southampton berbalik memimpin 2-1.

Tottenham yang dalam keadaan tertinggal tampil lebih menyerang demi memelihara asa untuk tak tersingkir dari Piala FA.

Tekanan mereka membuahkan hasil enam menit berselang dari gol kedua Tottenham. Lucas Moura menjalin kerja sama apik dengan Dele Alli di lini tengah.

Umpan pendek mereka membongkar lini pertahanan Southampton. Berhasil mengecoh satu pemain lawan, Moura langsung melepas tembakan yang tak mampu dihadang Gunn. Kedudukan kembali imbang 2-2.

Laga semakin sengit menjelang babak kedua tuntas. Pada menit ke-86, Tottenham mampu dengan baik memanfaatkan momentum serangan yang mereka miliki.

Alli melepas umpan terukur dari sisi kanan yang menemui Son Heung-min. Son mampu mengontrol bola dengan baik.

Ia kemudian berupaya untuk mengecoh Gunn. Usahanya nyaris berhasil, tapi Gunn langsung menjegalnya.

Wasit tak punya pilihan lain selain menunjuk titik putih atas pelanggaran Gunn ini. Son sendiri yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan kerasnya menghujam gawang Southampton. Skor berubah 3-2 untuk Tottenham.

The Lillywhites mampu mempertahankan kedudukan ini hingga laga berakhir. Mereka munutup 90 menit dengan kemenangan.

 

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen (Gedson Fernandes 54′), Japhet Tanganga; Eric Dier, Harry Winks, Tanguy Ndombele (Dele Alli 61′); Ryan Sessegnon (Davinson Sanchez 90′), Lucas Moura, Son Heung-min

Southampton: Angus Gunn; James Ward-Prowse (Jannik Vestegard 40′), Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Sofiane Boufal (Stuart Amstrong 67′), Pierre-Emile Hojbjerg, Oriol Romeu, Nathan Redmond; Danny Ings, Shane Long (Che Adams 81′)