Rio Ferdinand Akui Kekagumannya Terhadap Van Dijk dan Alexander-Arnold

55
Virgil van Dijk
Pemain Liverpool, Virgil van Dijk. (Foto: Liverpool Echo)

MataNaga – Rio Ferdinand mengakui bahwa dirinya menyukai Virgil van Dijk, namun mengklaim bahwa dia akan lebih memilih mantan rekan setimnya di Manchester United, Nemanja Vidic, sebagai teman duet ketimbang sang bintang Liverpool.

Sang defender asal Belanda, Van Dijk, menikmati karier yang gemilang sejak kepindahannya ke Liverpool pada tahun 2018 lalu, membantu klub mencapai dua final Liga Champions secara beruntun dan menjadi juara pada musim lalu, selagi masuk tiga besar Ballon d’Or, hanya kalah dari Lionel Messi pada pengumuman bulan Desember tahun lalu.

Kapten timnas Belanda tersebut sudah menjadi andalan di jantung pertahanan skuat asuhan Jurgen Klopp dalam perburuan titel Liga Inggris musim ini. The Reds unggul 25 poin di puncak klasemen penobatan gelar juara mereka harus tertunda karena musim ditangguhkan seiring dengan pandemi virus corona, ketika hanya terpaut dua kemenangan lagi dari kepastian juara tersebut.

Namun mantan bintang United, Ferdinand, mengklaim bahwa keperkasaan Van Dijk tidak membuatnya lebih diinginkan olehnya ketimbang Vidic, yang telah menjadi rekan setimnya di Old Trafford selama bertahun-tahun.

“Van Dijk di puncak kariernya atau Vidic di puncak kariernya? (Itu adalah sebuah) pertanyaan yang menarik,” kata eks defender timnas Inggris, ketika ditanyakan oleh seorang penggemar di Q&A Instagram.

“Saya harus memilih Vidic karena dia merupakan mantan rekan setim saya. Dia merupakan mantan teman duet. Dia melindungi saya dan saya melindunginya. Itu saja.”

Namun Ferdinand mengakui bahwa dia akan menikmati kesempatan dipasangkan dengan Van Dijk jika mereka bermain pada era yang sama, namun sang defender legendaris sudah pensiun sejak sebelum Van Dijk pindah ke Liga Inggris dengan membela Southampton pada tahun 2015.

“Jangan salah, saya menyukai Van Dijk,” kata Ferdinand. “Saya menyukainya. (Saya pikir dialah) defender terbaik dunia sekarang, tentunya. Saya tentunya ingin melihatnya bermain di generasi saya, melihat bagaimana permainannya. Itu akan menarik. (Dia adalah seorang) pemain top.”

Ferdinand dan Vidic bahu membahu dalam membantu United meraih lima gelar juara Liga Inggris dan sebuah trofi Liga Champions ketika Sir Alex Ferguson masih menjabat.

Sementara Van Dijk dibandingkan dengan Vidic, seorang penggemar lain dalam sesi Q&A yang sama di Instagram juga meminta Ferdinand beropini mengenai full-back Liverpool, Trent Alexander-Arnold, untuk dibandingkan dengan mantan rekan setimnya yang lain, Gary Neville.

Pada usia yang masih 21 tahun, Alexander-Arnold telah menjadi andalan Liverpool, namun Ferdinand menganggap bek kanan timnas Inggris itu lebih mirip dengan legenda sepak bola Brasil, Marcos Cafu, ketimbang Gary Neville.

“Trent Alexander, saya melihatnya bermain kontra Atletico Madrid di Anfield. Jika ada bek kanan lain yang ingin menyaksikan bagaimana cara bermain sebagai bek kanan di sepak bola modern, tontonlah klipnya selama 45 menit.”

“Cara dia mengendalikan permainan dari posisi bek kanan, orang terakhir yang saya ketahui mampu melakukan itu mungkin adalah Cafu. Dia memainkan setiap gaya operan. Dia melakukan segalanya.”

“Trent adalah seorang pesepak bola yang sangat hebat, saya tidak peduli apa yang dikatakan oleh orang lain. Dia bermain untuk Liverpool dan saya tidak peduli, dia bisa bermain.”

Ferdinand menambahkan, “Sebagai seorang pengoper, dia kelas atas. Anda berbicara tentang kehebatan Kevin De Bruyne, saya tidak berlebihan jika berkata bahwa Trent Alexander adalah salah satu pengoper terbaik yang ada saat ini, dia adalah seorang bek kanan ngomong-ngomong. Jarang diakui.”

“Anda tidak akan melihat Gary Neville mengoper bola seperti itu. Sebaik apapun Neville pada masanya, dia tidak bisa memberikan operan seperti Trent Alexander.”