Wayne Rooney: Liverpool Pantas Dinobatkan Sebagai Juara Liga Inggris

15
Wayne Rooney
Pemain Derby County, Wayne Rooney. (Foto: Goal.com)

MataNaga – Wayne Rooney berpendapat bahwa Liverpool pantas untuk dinobatkan sebagai juara Liga Inggris dan bersikeras bahwa musim harus diselesaikan untuk menentukan tim promosi, degradasi, dan tiket lolos ke kompetisi Eropa.

Liga Inggris sedang ditangguhkan dalam batas waktu yang tidak ditentukan seiring dengan pandemi virus corona. Otoritas menargetkan agar liga bisa digelar lagi pada tanggal 2 Mei, namun sama sekali tidak ada jaminan bahwa itu bisa digelar lagi pada saat yang ditargetkan.

Karena Liverpool hanya kurang enam poin lagi untuk mengklaim titel juara Liga Inggris dalam 30 tahun, mantan bintang Manchester United dan Everton ini merasa bahwa The Reds pantas untuk mendapatkan gelar tersebut, bahkan jika musim tidak bisa dilanjutkan lagi nantinya.

Namun kapten Derby County tersebut berharap agar musim Liga Inggris bisa tetap diteruskan setelah wabah COVID-19 ini berakhir, bahkan jika harus mengorbankan musim berikutnya.

“Liverpool akan memenangkan Liga Inggris. (Mereka) telah tampil dengan fantastis. Mereka telah berjuang dengan sangat keras. Mereka pantas untuk meraih titel ini. Bisakah Anda bayangkan penantian 30 tahun direnggut dengan cara seperti ini? Keputusan harusnya sudah dibuat,” tulis Rooney dalam kolom mingguannya di The Times.

“Itu juga harus dilanjutkan untuk promosi dan degradasi serta penentuan tiket Liga Champions. Isu-isu ini sangat besar untuk klub-klub yang terlibat dan saya membayangkan bahwa akan ada banyak pertengkaran jika musim dibatalkan. Hal adil adalah untuk menyelesaikan musim 2019/2020—bahkan jika kami harus mengorbankan musim depan dalam prosesnya.

“Itu tidak akan mengejutkan kami jika menyelesaikan musim ini memerlukan waktu hingga pengujung tahun 2020. Sepak bola, seperti industri lainnya, berada dalam daerah yang tidak pasti dan, sama seperti industri lainnya, harus mendengarkan saran dan mengambil langkah pencegahan. Bagi saya, itu menutup kemungkinan untuk menyelesaikan musim tanpa penonton.”

Pelatih Sheffield United, Chris Wilder, memiliki opini yang serupa dengan Rooney, lantaran dia berharap agar musim bisa diselesaikan karena timnya bersaing untuk memperebutkan tiket lolos ke kompetisi Eropa.

“Pada awalnya, saya tidak ingin memainkan pertandingan tanpa penonton namun menurut saya sekarang adalah, jika itu yang harus dilakukan untuk menyelesaikan musim, maka lakukanlah,” kata Wilder kepada Daily Mail. “Tidak ada kompromi mengenai ini. Kami harus menyelesaikan musim, seberapa panjangnya itu.

“Saya tidak setuju dengan ide untuk membekukan posisi seperti pada saat ini, meskipun jika Anda melihat kepada klasemen dan berpikir bahwa itu bukanlah hasil yang buruk untuk klub ini dari sudut pandang yang egois.

“Semua orang akan melihat dari sudut pandang egois dan mereka harus berpikir seperti itu. Liga Inggris adalah sebuah balapan. Itu terdiri dari 38 pertandingan. Tidak penting seberapa banyak keunggulan atau ketertinggalan poin dari seseorang, itu olahraga dan semua hal bisa terjadi.”

Wilder melanjutkan kembali mengenai betapa pentingnya agar musim tetap diselesaikan, meskipun tanpa penontonton sekalipun.

“Jika itu berarti tidak pergi ke Newcastle dan bermain di hadapan 50 ribu orang, tidak bermain melawan Arsenal di perempat final Piala FA di hadapan 30 ribu orang, tidak pergi ke Manchester United di hadapan 75 ribu orang, maka itu akan menjadi kekecewaan.”

“Namun gambaran besarnya di sini adalah kesehatan publik. Kami menempatkan itu dalam perspektif ini dan agar itu tidak menggagalkan musim kami. Ketika sepak bola dimulai kembali, saya yakin bahwa kami akan menyelesaikan musim dengan baik.”