Mikel Arteta Beri Kabar Terbaru Setelah Terjangkit Virus Corona

51
Mikel Arteta
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. (Foto: The National)

MataNaga – Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengklaim bahwa dirinya merasa sangat sehat dalam proses pemulihan setelah dinyatakan positif terjangkit virus corona dan tidak sabar untuk kembali bekerja.

Sang pria asal Spanyol menjadi salah satu dari figur sepak bola terkenal di Eropa yang terjangkit virus dengan nama lain COVID-19 ini, hingga menyebabkan Liga Inggris ditangguhkan setelah pengumumannya hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Arteta telah menyelesaikan periode isolasi mandirinya, selagi kamp The Gunners ditutup selama 14 hari lagi mulai hari Selasa (24/3/2020) ini, namun ia tetap diwajibkan untuk tinggal di rumah pada saat ini.

Namun demikian, sang manajer berusia 37 tahun itu mengaku siap untuk kembali ke lapangan kapanpun larangan tersebut diangkat, berkata kepada La Sexta, “Saya sangat baik sekarang, saya merasa bahwa saya sudah pulih.

“Itu memerlukan waktu bagi saya selama tiga atau empat hari untuk merasa jauh lebih baik dan dengan energi yang lebih besar untuk lepas dari gejala-gejalanya dan kini, kenyataannya saya sangat baik sekarang.”

Arteta diduga terpapar dari pertemuan dengan pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, yang telah lebih dulu terjangkit virus corona. Pria asal Yunani tersebut mengunjungi London Utara pada pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa ketika Olympiakos berjumpa dengan Arsenal.

Menjelaskan tentang bagaimana ia terjangkit, Arteta mengatakan, “Segalanya terjadi dengan sangat cepat. Pada hari Selasa sore (10/3) saya merasa tidak enak badan dan saya pergi ke dokter, namun dia tidak ada.”

“Saya mendapatkan telepon dari dewan direktur setelah latihan selagi saya berada di mobil dan mereka mengatakan kepada saya bahwa Presiden Olympiakos positif terjangkit dan semua orang yang melakukan kontak dengannya berada dalam risiko.”

“Saya kemudian mengungkapkan kepada mereka bahwa saya tidak merasa enak badan dan bahwa kami memiliki masalah sebab banyak pemain yang sudah melakukan kontak dengan mereka (Olympiakos). Kami memiliki pertandingan kontra Manchester City keesokan harinya dan tentu saja kami tidak bisa memberikan risiko kepada banyak orang tanpa mengatakan apapun.”

Arteta melanjutkan, “Saya melakukan tes pada hari Rabu (11/3) dan didiagnosa pada hari Jumat (13/3) ketika kami berkomunikasi dengan Liga Inggris bahwa saya positif terjangkit. Tentu saja semua yang telah melakukan kontak dengan saya harus melakukan karantina dan setelahnya, pertandingan harus ditangguhkan.”

Arsenal seharusnya kembali berlatih pada hari Selasa ini, namun mereka tidak ingin melakukan tindakan tidak bertanggung jawab karena situasi di Inggris pada saat ini pun masih buruk.

The Gunners merilis pernyataan di situs resminya, sebagai berikut: “Skuat utama kami seharusnya kembali berlatih pada hari Selasa ini setelah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari seusai Mikel Arteta positif terjangkit virus.”

“Sebagai imbas dari situasi yang ada saat ini, maka tidaklah pantas dan bertanggung jawab untuk meminta para pemain kembali berlatih lagi saat ini. Oleh karena itu, skuat tim pria, wanita, dan akademi masih diwajibkan untuk tetap di rumah.”

Meski tempat latihan dan semua aktivitas di markas lumpuh, namun Arsenal tetap bertanggung jawab dengan membayar penuh para pekerja setidaknya hingga tanggal 30 April.

Direktur pengelola Arsenal, Vinai Venkatesham, mengatakan, “Ini adalah masa-masa yang sulit untuk semua orang, namun khususnya untuk pekerja harian. Tindakan ini diniatkan untuk meringankan ketidakpastian finansial selagi sepak bola ditangguhkan setidaknya hingga 30 April 2020. Kami tidak sabar untuk kembali bermain sepak bola lagi di Emirates Stadium sesegera mungkin.”