Pelatih AS Roma Berharap Chris Smalling Dipermanenkan

29
Chris Smalling
Pemain AS Roma, Chris Smalling. (Foto: Goal.com)

MataNaga – Pelatih kepala AS Roma, Paulo Fonseca, mengungkapkan bahwa dia ingin melihat Chris Smalling tetap bermain di Stadio Olimpico setelah kontrak pinjamannya usai pada musim panas ini.

Smalling bergabung dengan klub ibu kota Italia itu pada bulan Agustus tahun 2019 lalu dengan status pinjaman dari Manchester United, setelah terpinggirkan dari skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer di Old Trafford.

Sang defender berusia 30 tahun itu hanya diberikan kesempatan bermain 24 kali di Liga Inggris musim kompetisi 2018/2019, dan mendapatkan kritikan atas performanya di lini pertahanan selagi The Red Devils mengakhiri musim di peringkat keenam klasemen.

Keberadaannya dihinakan oleh para pendukung Manchester United sendiri, namun Smalling langsung memperlihatkan performa yang menakjubkan setelah bergabung dengan AS Roma hingga membantu klub dalam perjuangan memperebutkan tiket lolos ke Liga Champions.

Il Giallorossi hanya terpaut tiga poin dari posisi empat besar di Liga Italia sebelum musim ditangguhkan karena pandemi virus corona, dan Smalling telah tampil dalam 21 laga dari total 26 pertandingan yang dimainkan oleh klub, dengan mencetak gol dua kali.

AS Roma diperkirakan bertekad untuk mempermanenkan sang bek tengah tim nasional Inggris tersebut pada musim panas ini, dengan United dikabarkan bersedia untuk menerima tawaran jika bernilai 25 juta pounds.

Fonseca pun kini mengutarakan hasrat agar Roma bisa mengamankan servis Smalling secara permanen, sebab dia sangat terkejut dengan betapa cepat proses adaptasinya, meski merupakan pendatang baru di sepak bola Italia.

“Dia mengejutkan saya. Dia adalah seorang defender yang belum pernah meninggalkan Inggris sepanjang kariernya dan dia tiba di liga yang sangat menuntut taktik, tempat detail menentukan hasil,” kata juru taktik asal Portugal itu dalam wawancaranya dengan A Bola.

“Chris beradaptasi dengan sangat cepat. Dia adalah orang yang luar biasa, sangat cerdas. Dia memiliki karakteristik yang sangat saya hargai di tengah. Dia cepat, hampir tak terkalahkan dalam situasi satu lawan satu. Dia memiliki kemampuan bagus dalam membaca permainan dan mengantisipasi serangan.”

“Dia sangatlah penting untuk klub ini. Jika memungkinkan, saya inginkan dia bertahan. Dia adalah pemain yang sangat profesional dan orang baik, itu adalah suatu kebanggaan untuk memilikinya bersama kami.”

Dua klub raksasa Premier League, Arsenal dan Tottenham Hotspur, juga dikaitkan dengan kemungkinan menggaet jasa Smalling, sementara Solskjaer sendiri pernah mengatakan pada bulan Desember lalu bahwa dia berharap sang defender kembali ke Old Trafford setelah melalui karier yang fantastik di Italia.

“Chris sudah tampil dengan fantastis. Kita tahu bahwa terkadang jika Anda memilih berganti lingkungan maka itu bisa terjadi dalam berbagai cara,” kata Solskjaer dalam wawancara di bulan Desember lalu, dikutip dari Goal.

“Namun Chris merupakan tipe orang yang menyukai tantangan. Dia terdidik, dia menikmati hidup di sana dan itu adalah sebuah pengalaman baru untuknya.

“Dia adalah bocah yang tidak bisa berada di sini jika tidak bermain secara reguler dan kami sangat bahagia untuknya sebab kami bisa melihat betapa top permainannya.”

Ditanyakan apakah Smalling diharapkan untuk kembali ke Old Trafford, meski sudah berusia 30 tahun, Solskjaer menjawab singkat: “Ya.”

Masa depan pemain timnas Inggris itu sendiri masih belum bisa ditentukan hingga kelanjutan musim sepak bola berakhir, sebab bursa transfer musim panas bisa terdampak karena pandemi virus corona yang melumpuhkan segala aktivitas keolahragaan sekarang.