Hasil Liga Jerman: Dortmund Pesta Empat Gol ke Gawang Schalke

19
Borussia Dortmund vs Schalke 04
Borussia Dortmund vs Schalke 04, Liga Jerman, Sabtu (16/5/2020). (Foto: Twitter @BVB)

Dortmund – Borussia Dortmund langsung tancap gas selepas Liga Jerman ditangguhkan dua bulan karena pandemi virus corona. Menghadapi Schalke 04, Die Borussen menang 4-0.

Pada laga yang dihelat tanpa penonton di Signal-Iduna Park, Sabtu (16/5/2020) malam WIB, Dortmund turun dengan kekuatan penuh dan tampil dominan berkat 11 attempts, empat di antaranya on goal dan 60 persen ball possesion.

Schalke sebenarnya melawan dengan menciptakan tiga attempts on target dari total 10. Keempat gol Dortmund dibagi rata per babak dengan Raphael Guerreiro jadi bintang berkat dua golnya. Sisanya dibuat Erling Braut Haaland dan Thorgan Hazard.

Dortmund sementara memangkas jarak dengan Bayern Munich di puncak klasemen Bundesliga menjadi satu poin. Anak asuh Lucien Favre punya 54 poin dari 26 laga, sementara Bayern baru bertanding besok.

Schalke makin jauh dari zona Eropa setelah terpuruk di posisi kedelapan klasemen dengan 37 poin.

 

Jalannya Pertandingan

Dortmund memegang kendali permainan sejak menit awal dan tak memberikan Schalke kesempatan menyerang. Beberapa kali serangan dari sisi sayap yang dibangun Hazard dan Julian Brandt merepotkan pertahanan tim tamu.

Peluang pertama hadir di menit ke-26 ketika crossing Brandt dari sisi kanan menemui Haaland di tiang jauh. Tapi, sepakannya menyasar sisi kanan gawang Schalke.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-29. Brandt bekerjasama dengan Hazard yang diakhiri crossing ke tengah kotak penalti. Haaland dengan mudah menyepak bola ke gawang Markus Schubert.

Semenit jelang turun minum, Dortmund menggandakan keunggulan. Schubert melakukan kesalahan saat melepaskan bola dan jatuh di kaki Brandt. Nama terakhir mengumpan kepada Guerreiro yang berlari ke area 16 meter dan menembak ke tiang jauh.

Selepas jeda, Dortmund tancap gas untuk memperlebar jarak jadi 3-0 pada menit ke-47. Kini giliran Hazard yang mencatatkan namanya di papan skor ketika counter attack timnya meruntuhkan pertahanan Schalke dengan cepat.

Hazard dengan mudah mencocor bola ke jala Schubert. Unggul tiga gol membuat Dortmund tidak menurunkan tempo permainan dan masih terus menekan pertahanan Schalke.

Schalke beberapa kali mencuri peluang lewat serangan balik, tapi selalu gagal menjebol jala Roman Buerki. Guerreiro membuat gol keduanya pada menit ke-63 sekaligus mengubah skor jadi 4-0.

Lagi-lagi, serangan cepat dari sisi kiri yang dibangun Dortmund tak bisa dicegah Schalke. Brandt mengoper bola ke Guerreiro yang melakukan umpan 1-2 dengan Haaland di depan kotak penalti.

Guerreiro terbebas sebelum dengan dingin menembak bola dengan bagian luar kaki kirinya tepat di depan Schubert. Hingga laga berakhir skor tersebut tak berubah.

 

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Manuel Akanji; Achraf Hakimi, Mahmoud Dahoud, Thomas Delaney, Raphael Guerreiro; Julian Brandt, Thorgan Hazard; Erling Haaland.

Schalke 04: Markus Schubert; Jean-Clair Todibo, Salif Sane, Matija Nastasic; Jonjoe Kenny, Suat Serdar, Weston McKennie, Bastian Oczipka; Daniel Caligiuri, Amine Harit; Benito Raman.