Hasil Piala FA: Alot! MU ke Semifinal Usai Kalahkan Norwich 2-1

15
Norwich City vs Manchester United
Norwich City vs Manchester United, Piala FA, Sabtu (27/6/2020) malam WIB. (Foto: Reuters India)

Jakarta – Manchester United memenangi laga alot kontra Norwich City di perempatfinal Piala FA. Berlangsung hingga babak tambahan, ‘Setan Merah’ menang 2-1.

Bertandang ke Carrow Road, Sabtu (27/6/2020) malam WIB, MU mendominasi sejak kick-off. Tapi mereka tak mampu menciptakan ancaman apapun hingga babak pertama usai, dengan kedua tim sama-sama tak mencatatkan peluang on target.

MU membuka keunggulan di menit ke-51 lewat Odion Ighalo, memanfaatkan kesalahan pertahanan Norwich. Norwich membalasnya di menit ke-75 melalui tembakan keras Todd Cantwell.

Skor 1-1 bertahan sampai 90 menit tuntas. Meski unggul jumlah pemain sejak Timm Klose dikartu merah di menit ke-89, MU cukup kesulitan menembus Norwich yang menumpuk pemain di kotak penalti.

Gol kemenangan baru tiba di penghujung babak tambahan, tepatnya di menit ke-118. Harry Maguire menyambar bola liar dalam kemelut yang tercipta di kotak penalti Norwich.

MU pun menang 2-1 dan memastikan lolos ke semifinal Piala FA.

 

Jalannya Pertandingan

MU mengontrol pertandingan selepas kick-off, mengalirkan bola dari sisi ke sisi. Norwich merapatkan barisan dan terlihat mengincari peluang lewat serangan balik.

Sebuah umpan silang dari Bruno Fernandes di menit ke-13 mengarah ke tengah kotak penalti Norwich. Bola dihalau oleh Timm Klose.

Norwich mengancam lewat percobaan Kenny McLean di menit ke-28. Sepakannya masih melambung jauh di atas mistar gawang MU.

MU memainkan bola di lini pertahanan di menit ke-36 dan para penyerang Norwich menekan jauh ke depan. Sergio Romero masih mampu menguasai keadaan dan menyapu bola ke depan.

Sebuah situasi serangan bagus dibangun tuan rumah di menit ke-43. Todd Cantwell menusuk di kiri lalu mengoper ke Lukas Rupp yang tak terkawal di tengah. Rupp mengincar gawang, namun tendangannya masih terhalang oleh Harry Maguire.

Babak pertama berlalu tanpa peluang berarti, bahkan tak ada tembakan on target satupun.

Tembakan on target pertama di pertandingan ini tercipta di menit ke-51 dan berujung gol. MU memimpin setelah umpan silang Luke Shaw gagal disapu dengan sempurna oleh pertahanan Norwich dan bola malah jatuh ke Odion Ighalo di depan gawang.

Ighalo dengan leluasa dan tenang mencocornya ke dalam gawang.

Norwich mulai lebih berani keluar menyerang dan menciptakan ancaman serius di menit ke-69. Dari tendangan bebas, umpan lambung Emiliano Buendia disambut sundulan Klose dan mengarah ke pojok kanan gawang. Tapi bola malah membentur Ben Godfrey dan menyelamatkan MU!

GOL! Norwich menyamakan skor di menit ke-75. Dari kiri, Hernandez mengoper ke Buendia lalu diteruskan ke Cantwell di tengah. Cantwell melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak kuasa dihentikan Sergio Romero.

Peluang bagus dari MU di menit ke-80. Mason Greenwood menerima umpan dari Pogba dan terbebas di sisi kanan. Ia menusuk ke tengah lalu melepaskan sepakan yang masih meluncur ke kiri gawang.

Norwich merespons. Tusukan Max Aaron dilanjutkan umpan silang yang menunggu disambut pemain di depan gawang, namun Romero membaca situasi dengan baik dan sigap meninju bola. Sementara sepakan Buendia tak lama kemudian masih melebar.

Nasib buruk menimpa Norwich di menit ke-89, setelah Klose dikartu merah karena pelanggaran terhadap Ighalo di depan kotak penalti. Fernandes maju mengeksekusi tendangan bebas, namun sepakannya membentur pagar betis.

MU mengurung pertahanan Norwich sejak unggul jumlah pemain. Dua peluang bagus didapatkan di masa injury time, ketika sepakan beruntun dari Pogba dan Greenwood mengarah ke gawang. Tapi Tim Krul bisa menghalau keduanya.

90 menit berakhir dan laga dilanjutkan ke 30 menit babak tambahan.

MU langsung mengepung Norwich saat babak tambahan dimulai. Sepakan keras Marcus Rashford dihentikan Krul di menit ke-93. Tapi hingga 15 menit pertama babak tambahan tuntas, skor masih sama kuat 1-1.

MU melanjutkan tekanannya. Peluang apik didapatkan dari bola mati pada menit ke-112, ketika umpan sepak pojok Fernandes disambut sundulan Maguire. Krul dengan gemilang menepis bola yang mengarah ke sisi kirinya.

Gol kemenangan MU tiba di menit ke-118, ketika umpan Pogba diterima Martial di dalam kotak penalti. Bola terlepas dan memicu kemelut setelah gagal diamankan pertahanan Norwich, lalu Maguire mencocornya ke dalam gawang.

Pertandingan tuntas dengan skor 2-1 untuk kemenangan MU.

 

Susunan Pemain

Norwich City: Tim Krul; Jamal Lewis (Idah 118′), Timm Klose, Ben Godfrey, Max Aarons; Alexander Tettey, Kenny McLean; Todd Cantwell (Tom Trybull 90′), Emiliano Buendia (Ondrej Duda 95′), Lukas Rupp (Onel Hernandez 62′); Teemu Pukki (Josip Drmic 71′).

Manchester United: Sergio Romero; Diogo Dalot (Brandon Williams 63′), Eric Bailly (Anthony Martial 96′), Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay (Nemanja Matic 78′), Fred (Paul Pogba 78′); Juan Mata (Mason Greenwood 63′), Bruno Fernandes, Jesse Lingard (Marcus Rashford 63′); Odion Ighalo.