Hasil Piala FA: Singkirkan Newcastle, Manchester City Maju ke Semifinal

24
Newcastle United vs Manchester City
Newcastle United vs Manchester City, Piala FA, Senin (29/6/2020) dini hari WIB. (Foto: Reuters)

Newcastle – Juara bertahan Manchester City berhasil menumpas perlawanan Newcastle United dengan skor 2-0 di Piala FA. Kemenangan itu meloloskan City ke babak semifinal.

Memainkan laga perempatfinal di Stadion St. James’ Park, Senin (29/6/2020) dini hari WIB, The Citizens tampil dominan. Statistik memperlihatkan City memiliki 76 persen penguasaan bola dengan total 20 percobaan (4 on target), berbanding empat percobaan (1 on target) yang diciptakan Newcastle.

Kevin de Bruyne membuka keunggulan City di babak pertama setelah mengonversi hadiah penalti. Raheem Sterling memastikan kemenangan tim tamu dengan gol lain di paruh kedua permainan.

Kelolosan City menandai bahwa semifinalis Piala FA kini sudah lengkap. Tiga tim lain yang lebih dahulu lolos adalah Manchester United, Arsenal, dan Chelsea.

Manchester City langsung mendominasi permainan dengan mengurung Newcastle. Namun demikian, City dipaksa untuk melepaskan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti karena Newcastle bertahan dengan dalam.

Sebuah peluang emas diciptakan City di menit ke-17. Umpan silang mendatar Kyle Walker menemui David Silva di kotak penalti. Tapi bola memantul mengenai Gabriel Jesus sebelum bergulir tipis di sisi kanan gawang lawan.

City terus menekan. Hanya dua menit kemudian, tusukan Riyad Mahrez diakhiri dengan tembakan melengkung ke arah tiang jauh meski masih bisa diantisipasi Karl Darlow.

Ancaman City kembali hadir. Setelah menerima bola liar di kotak penalti, Sterling memutar badannya untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan kemudian mengakhiri dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Darlow masih tangguh untuk menangkis upaya Sterling.

City dihadiahi penalti setelah Jesus didorong Federico Fernandez ketika hendak menyambut umpan silang Walker. Kevin de Bruyne maju sebagai eksekutor, sepakannya berhasil mengirim Darlow ke arah yang salah. City memimpin 1-0 atas Newcastle di menit ke-37.

Di masa injury time, City nyaris mendapatkan gol keduanya. Diawali dari sepak pojok, Aymeric Laporte menyundul bola ke arah tiang dekat meski masih melebar tipis. Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan.

 

Baca juga: Hasil Piala FA: Menang Tipis atas Leicester, Chelsea Pijak Semifinal

 

Usai turun minum, Mahrez mengancam Newcastle tapi tembakan jarak jauhnya masih melambung. Newcastle akhirnya mampu membuat peluang setelah memanfaatkan kecerobohan lini pertahanan City. Saint-Maximin memperoleh bola untuk dioper kepada Gayle. Tapi penyelesaiannya dari depan gawang justru melenceng.

Gol yang ditunggu-tunggu City datang juga. Di menit ke-68, Raheem Sterling menggandakan keunggulan tim tamu untuk mengubah skor menjadi 2-0 setelah memaksimalkan umpan Phil Foden.

Keunggulan dua gol membuat City semakin bersemangat menambah skornya. Foden dan Bernardo Silva menambah tempo demi mencari gol ketiga. Namun, sampai akhir pertandingan skor 2-0 untuk keunggulan City tetap bertahan.

 

Susunan Pemain

Newcastle United: Darlow, Rose (Lazro 75′), Fernandez, Schaer, Lascelles, Javi Manquillo, Hayden, Almiron (Joelinton 65′), Saint-Maximin (Yedlin 74′), Longstaff (Hayden 79′), Carroll (Gayle 64′).

Manchester City: Bravo, Otamendi, Walker (Cancelo 71′), Mendy, Laporte, David Silva (Bernardo Silva 64′), Guendogan, De Bruyne (Rodri 71′), Mahrez (Foden 64′), Sterling, Gabriel Jesus.

 

Baca juga: Hasil Piala FA: Gol Menit Akhir Ceballos Bawa Arsenal ke Semifinal